Padhillah, Ratna (2025) Penerapan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII B Smp Negeri 22 kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK,.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB 1,.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB 3,..pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB 5,.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA,.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Jambi. Model pembelajaran ini menekankan pemecahan masalah sebagai strategi utama dalam proses belajar, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam keterampilan passing bawah bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa, serta tes keterampilan passing bawah. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur peningkatan nilai hasil belajar siswa dan kualitatif melalui observasi aktivitas selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 10% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah Siklus I, angka tersebut meningkat menjadi 50%, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti kesalahan teknik dalam passing bawah dan kurangnya kepercayaan diri siswa. Pada Siklus II, setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan video slow-motion dan metode bimbingan lebih intensif, tingkat ketuntasan meningkat hingga 80%, menunjukkan efektivitas model PBL dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep teknik passing bawah, tetapi juga partisipasi aktif dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, model PBL direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) guna meningkatkan keterampilan dasar olahraga secara lebih interaktif dan bermakna. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat menjadi trategi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran yang melibatkan keterampilan praktis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di sekolah. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi guru-guru lain dalam menerapkan model pembelajaran yang serupa, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan, serta mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di bidang olahraga, khususnya bola voli, dapat meningkat secara keseluruhan. This study aims to analyze the effectiveness of implementing the Problem-Based Learning (PBL) model in improving the underhand volleyball passing skills of Grade VIII B students at SMP Negeri 22 Jambi City. This learning model emphasizes problem-solving as the main strategy in the learning process and is expected to enhance students’ understanding of underhand passing skills in volleyball. The research method used was Classroom Action Research (CAR), conducted in two cycles. Each cycle consisted of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques included teacher and student observation sheets as well as underhand passing skill tests. Data analysis was carried out quantitatively by measuring the improvement in students’ learning outcomes and qualitatively through observations of learning activities. The results showed that the implementation of the PBL model significantly improved student learning outcomes. In the pre-cycle phase, only 10% of students met the Minimum Competency Criteria (KKM). After Cycle I, this number increased to 50%, although there were still obstacles such as technical errors in underhand passing and a lack of student confidence. In Cycle II, improvements were made by using slow-motion videos and more intensive guidance methods, resulting in an 80% mastery level, indicating the effectiveness of the PBL model in enhancing students’ understanding and skills. The conclusion of this study is that the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model is proven effective in improving underhand volleyball passing learning outcomes. This model not only enhances the conceptual understanding of passing techniques but also encourages active participation and boosts student confidence in learning. Therefore, the PBL model is recommended for use in Physical Education, Sports, and Health (PJOK) classes to improve basic sports skills in a more interactive and meaningful way. The implications of this study suggest that the application of PBL can be an effective strategy for improving student learning outcomes, especially in lessons involving practical skills. This research is expected to contribute to the development of more innovative and effective teaching methods in schools. Furthermore, the results of this study can serve as a reference for other teachers in applying similar learning models, thereby creating a more dynamic and enjoyable learning environment and encouraging students to participate more actively in the learning process. Thus, it is hoped that the quality of education in the field of sports, particularly volleyball, can be improved overall.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning,uderhand passing,learning outcomes,PJOK learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | Padhillah |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 01:35 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |