Penerapan Model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII b Smp negeri 22 kota jambi

padhillah, ratna (2025) Penerapan Model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII b Smp negeri 22 kota jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (111kB)
[img] Text
SKRIPSI RATNA PADHILLAH 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (120kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (340kB)
[img] Text
COVER,.pdf

Download (30kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Jambi. Model pembelajaran ini menekankan pemecahan masalah sebagai strategi utama dalam proses belajar, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam keterampilan passing bawah bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa, serta tes keterampilan passing bawah. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur peningkatan nilai hasil belajar siswa dan kualitatif melalui observasi aktivitas selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 10% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah Siklus I, angka tersebut meningkat menjadi 50%, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti kesalahan teknik dalam passing bawah dan kurangnya kepercayaan diri siswa. Pada Siklus II, setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan video slow-motion dan metode bimbingan lebih intensif, tingkat ketuntasan meningkat hingga 80%, menunjukkan efektivitas model PBL dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep teknik passing bawah, tetapi juga partisipasi aktif dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, model PBL direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) guna meningkatkan keterampilan dasar olahraga secara lebih interaktif dan bermakna. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat menjadi trategi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran yang melibatkan keterampilan praktis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di sekolah. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi guru-guru lain dalam menerapkan model pembelajaran yang serupa, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan, serta mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di bidang olahraga, khususnya bola voli, dapat meningkat secara keseluruhan. This study aims to analyze the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model in improving learning outcomes for underhand volleyball passing among eighth-grade students of Class VIII B at SMP Negeri 22 Kota Jambi. This learning model emphasizes problem-solving as the main strategy in the learning process, with the expectation that it will enhance students' understanding of underhand passing skills in volleyball. The research method used is Classroom Action Research (CAR), conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques involved teacher and student observation sheets as well as a skill test on underhand passing. Data analysis was conducted quantitatively by measuring improvements in students’ learning outcomes and qualitatively through observations of activities during the learning process. The results show that the implementation of the PBL model significantly improved students' learning outcomes. In the pre-cycle, only 10% of students met the Minimum Mastery Criteria (KKM). After Cycle I, this number increased to 50%, although some challenges remained, such as technical errors in underhand passing and students' lack of confidence. In Cycle II, after improvements were made using slow-motion video analysis and more intensive guidance methods, the mastery level increased to 80%, indicating the effectiveness of the PBL model in enhancing students’ understanding and skills. The conclusion of this study is that the application of the Problem-Based Learning (PBL) model is proven to be effective in improving the learning outcomes of underhand volleyball passing. This model not only improves students' understanding of underhand passing techniques but also enhances active participation and self-confidence during learning. Therefore, the PBL model is recommended for use in Physical Education, Sports, and Health (PJOK) classes to foster more interactive and meaningful learning of basic sports skills. The implications of this study suggest that implementing PBL can be an effective strategy in improving student learning outcomes, especially in lessons that involve practical skills. This research is expected to contribute to the development of more innovative and effective teaching methods in schools. Furthermore, the results of this study can serve as a reference for other teachers in implementing similar learning models, thereby creating a more dynamic and enjoyable learning environment, and encouraging students to be more actively engaged in the learning process. In this way, the quality of education in sports, particularly volleyball, is expected to improve overall.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem based learning,underhand passing,learning outcomes,PJOK learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Padhillah
Date Deposited: 11 Apr 2025 02:04
Last Modified: 11 Apr 2025 02:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76981

Actions (login required)

View Item View Item