Khairiyyah, Andi and Rahman, K.A. and Siregar, Masyunita (2025) Pengaruh Kegiatan Kaligrafi Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ihlas Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_ANDIKHAIRIYYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER..pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB1.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
Penelitian pengaruh kegiatan Kaligrafi Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ikhlas Muaro Jambi ini dilatar belakangi dengan adanya sebuah permasalah yang ditemukan dilapangan oleh penulis, bahwasanya kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun secara keseluruhan belum berkembang secara optimal.Terlihat anak belum menonjol dalam kemampuan bergambar, belum menunjukkan kepekaan terhadap warna, belum menunjukkan ketertarikan dalam hal mewarnai, menebalkan garis, dan menirunya, anak belum tanggap dalam memperhatikan dan menghafal tata letak benda-benda disekitarnya, juga belum tertarik dengan profesi yang terkait dengan kecerdasan visual spasial. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Kaligrafi Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ikhlas Muaro Jambi. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian Preeksperimental design bentuk one group pretest-postets. Dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun dengan sample kelompok B1 sebanyak 15 anak, dijadikan sampel karena pertimbangan tingkat kecerdasan visual spasial yang lebih rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan juga menggunakan instrument penelitian. Kemudian teknis analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung (24,849) lebih besar dari t tabel (2,160) dari taraf signifikan ɑ: 0.05 Kemudian hasil dari pretest sebesar 7,47 dan hasil postest sebesar 18,00 hasil skor tersebut diperoleh dari hasil uji liliefors. Analisis yang di peroleh dari uji t sebesar 6,19 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Maka dari itu hipotesis penelitian “Kegiatan kaligrafi terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di RA Al-Ikhlas Muaro Jambi” dengan Nilai interprestasi Cohen’s sebesar 6,19 yang berarti berada pada rentang > 1,00 dengan interpertasi tergolong kuat (strong effect) The research on the influence of Calligraphy activities on the Visual Spatial Intelligence of 5-6 Year Old Children at RA Al-Ikhlas Muaro Jambi is motivated by a problem found in the field by the author, that the visual spatial intelligence of 5-6 year old children as a whole has not developed optimally. It can be seen that children are not yet prominent in their drawing abilities, have not shown sensitivity to color, have not shown in terms of coloring, thickening lines, and finally, children are not yet responsive to and the layout of objects around them, and are also not interested in professions related to visual spatial intelligence. Therefore, this study aims to determine the influence of Calligraphy Activities on the Visual Spatial Intelligence of 5-6 Year Old Children at RA Al-Ikhlas Muaro Jambi. The type of research used is quantitative with experimental methods and using a Preexperimental design in the form of one group pretest-posttest. And the population in this study were all children aged 5-6 years with a sample of group B1 of 15 children, used as samples because of considerations of a lower level of visual spatial intelligence. Data collection techniques in this study were observation, documentation and also using research instruments. Then the technical data analysis used normality tests, homogeneity tests and hypothesis tests. Based on the results of the study, it is proven that the t count (24.849) is greater than the t table (2.160) from the significance level ɑ: 0.05. Then the results of the pretest were 7.47 and the posttest results were 18.00. The score results were obtained from the Liliefors test results. The analysis obtained from the t test was 6.19 so that Ho was rejected and Ha was accepted. Therefore, the research hypothesis "Calligraphy activities on the visual spatial intelligence of children aged 5-6 years at RA Al-Ikhlas Muaro Jambi" with a Cohen's interpretation value of 6.19 which means it is in the range> 1.00 with a strong interpretation (strong effect)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Early Childhood Visual Spatial Intelligence, Calligraphy Activities |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | ANDI KHAIRIYYAH |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 09:03 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |