Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audiobook Project Menggunakan Canva Magic AI Pada Pembelajaran Pengukuran Panjang Kelas III Sekolah Dasar

Putri, Kinanti Rizki (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audiobook Project Menggunakan Canva Magic AI Pada Pembelajaran Pengukuran Panjang Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_KINANTI RIZKI PUTRI_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (141kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Kinanti Rizki. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audiobook Project Menggunakan Canva Magic AI Pada Pembelajaran Pengukuran Panjang Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd., (II) Andi Gumaulia Eka Putri, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audiobook Project, Canva Magic AI Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan prosedur dari pengembangan media pembelajaran berbasis Audiobook Project menggunakan Canva Magic AI pada pembelajaran pengukuran panjang kelas III sekolah dasar, (2) mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran berbasis Audiobook Project menggunakan Canva Magic AI pada pembelajaran pengukuran panjang kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan masukan dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi materi, media, bahasa, angket respon praktisi/pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 27/IX Sebapo, pada Desember-Januari 2025. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi yang ditujukan kepada validator ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara kepada pendidik dan peserta didik. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil validitas dan kepraktisan media pembelajaran berbasis Audiobook Project yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis Audiobook Project dengan proses pengembangan menggunakan ADDIE. Hasil validasi materi yang dilakukan ahli materi memperoleh skor (92) dengan kategori sangat valid. Hasil validasi bahasa yang dilakukan oleh ahli bahasa memperoleh skor (90) dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media yang dilakukan oleh ahli memperoleh skor (100) dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi desain oleh ahli desain memperoleh skor (98) dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan media pembelajaran dari angket respon pendidik dengan skor (100) dalam kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik dengan (97,8) dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis audiobook project menggunakan canva magic AI pada pembelajaran pengukuran panjang kelas III sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis audiobook project menggunakan canva magic AI pada pembelajaran pengukuran panjang kelas III sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis. Putri, Kinanti Rizki. 2025. Development of Audiobook Project-Based Learning Media Using Canva Magic AI in Elementary School Grade III Length Measurement Learning. Thesis, Department of Early Childhood and Elementary Education, FKIP, Jambi University, Supervisor: (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd., (II) Andi Gumaulia Eka Putri, M.Pd. Keywords: Learning Media, Audiobook Project, Canva Magic AI This study aims to (1) describe the procedure for developing Audiobook Project-based learning media using Canva Magic AI in elementary school grade III length measurement learning, (2) describe the level of validity and practicality of developing Audiobook Project-based learning media using Canva Magic AI in elementary school grade III length measurement learning. This research is a development research or Research and Development (R&D) using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data in this study consists of qualitative and quantitative data. Qualitative data in the form of suggestions and input from validators, expert practitioners and student opinions regarding the products being developed. While quantitative data in the form of the results of the validation questionnaire for materials, media, language, practitioner/educator response questionnaires and students. This research was conducted in class III of SDN 27/IX Sebapo, in December-January 2025. Research data was obtained through a validation questionnaire addressed to expert validators, practitioner questionnaires, student response questionnaires and interviews with educators and students. After that, the data was analyzed to obtain the results of the validity and practicality of the Audiobook Project-based learning media that was developed. The results of this research and development are in the form of Audiobook Project-based learning media with a development process using ADDIE. The results of the material validation carried out by material experts obtained a score of (92) with a very valid category. The results of the language validation carried out by language experts obtained a score of (90) with a very valid category. The results of the validation by media experts carried out by experts obtained a score of (100) with a very valid category, and the results of the design validation by design experts obtained a score of (98) with a very valid category. The results of the practicality of learning media from the educator response questionnaire with a score of (100) in the very practical category, and the results of the student response questionnaire with (97.8) in the very practical category. The conclusion of this study is that the development of audiobook project-based learning media using Canva Magic AI in elementary school grade III length measurement learning is very valid and very practical.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audiobook Project, Canva Magic AI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Kinanti Rizki Putri
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:23
Last Modified: 14 Apr 2025 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77109

Actions (login required)

View Item View Item