Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Fungsi Kognitif Siswa Sekolah Dasar di SDN 70/I Simpang Terusan

Sari, Indah Permata (2025) Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Fungsi Kognitif Siswa Sekolah Dasar di SDN 70/I Simpang Terusan. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (43kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sari, Indah Permata. 2025. Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Fungsi Kognitif Siswa Sekolah Dasar di SDN 70/I Simpang Terusan: Skripsi, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Alek Oktadinata, S.Pd., M.Pd., (II) Anggel Hardi Yanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Fungsi Kognitif, Siswa Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Fungsi Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar di SDN 70/I Simpang Terusan Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SDN 70/I Simpang Terusan pada Januari 2025. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan tes kepada siswa dengan instrumen motor ability dan concentration grid test. Setelah melakukan tes, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara kemampuan motorik terhadap fungsi kognitif siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari Laki-Laki dan Perempuan, dengan umur 11-12 Tahun yang berjumlah 37 siswa yang terbagi menjadi 22 sampel laki-laki dengan umur rata-rata 11,13 tahun dan 15 sampel perempuan dengan umur rata-rata 11,13 tahun pada siswa sekolah dasar. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan data melalui tes barrow motor ability untuk kemampuan motorik yaitu (tes lari shuttle, tes lempar tangkap bola, tes keseimbangan, tes lari sprint) dan untuk mengukur fungsi kognitif digunakan tes concentration grid test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi signifikan antara kemampuan motorik terhadap fungsi kognitif sampel laki-laki, dengan relevansi sebesar < 0,001 dimana nilai probabilitas (Sig) < 0,05. Sedangkan pada sampel Perempuan tidak terdapat korelasi signifikan antara kemampuan motorik terhadap fungsi kognitif, dengan relevansi sebesar 0,233 dimana nilai probabilitas (Sig) > 0,05.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Motor Ability, Cognitive Function, Elementary School Students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Sari
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:39
Last Modified: 14 Apr 2025 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77208

Actions (login required)

View Item View Item