PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INTERAKTIF AUGMENTED REALITY (IAR) MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP

Irdania, Maulisa (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INTERAKTIF AUGMENTED REALITY (IAR) MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Teknologi berpotensi menjadi media yang dapat membantu pendidik dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya dalam meningkatkan teknologi pada proses pembelajaran yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran yang berbasis interaktif, seperti LKPD berbasis teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi sistem pencernaan manusia dan mengetahui kelayakan dari produk, mengetahui penilaian guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan menggunakan model penelitian 4D (Four-D) dengan tahapan (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, validasi ahli media, guru bidang studi IPA, dan peserta didik. Subjek uji coba yaitu guru bidang studi IPA dan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Kuala Tungkal. Hasil menunjukan bahwa produk LKPD berbasis Interatif Augmented Reality (IAR) menggunakan android pada materi sistem pencernaan manusia layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil kelayakan LKPD diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, validasi materi dilakukan tiga tahap dengan persentase sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak” dan validasi media dilakukan dua tahap dengan persentase sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian guru bidang studi IPA diperoleh dengan persentase sebesar 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian peserta didik uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 81% dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Interaktif Augmented Reality (IAR) menggunakan android ini layak untuk digunakan sebagai media dan bahan ajar untuk mata pelajaran sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Sistem Pencernaan, Four-D, Interaktif Augmented Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: IRDANIA
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:00
Last Modified: 17 Apr 2025 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77457

Actions (login required)

View Item View Item