Gambaran Perilaku Fear of Missing Out (FoMO) pada Generasi Z di Provinsi Jambi

Puspitasari, Putri and Andriani, Annisa and Ekawati, Yun Nina (2025) Gambaran Perilaku Fear of Missing Out (FoMO) pada Generasi Z di Provinsi Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
bab IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI PUSPITASARI FIKSSSS PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

LATAR BELAKANG; Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) pada Generasi Z di Provinsi Jambi semakin meningkat seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan media sosial. Fenomena FoMO kerap terjadi pada kalangan GEN Z di rentang umur 15-30 tahun. TUJUAN; Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dan mengidentifikasi tingkat perilaku Fear of Missing Out (FoMO) pada Generasi Z di Provinsi Jambi serta memahami gambaran bentuk serta faktor yang memicu timbulnya perilaku tersebut. METODE PENELITIAN; Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang melibatkan 145 responden dari populasi GEN Z di Provinsi Jambi. Alat ukur yang digunakan adalah skala Fear of Missing Out yang diadaptasi dari teori Przybylski (2013) yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa pertanyaan yang dibuat oleh peneliti berdasarkan aspek, karakteristik dan teori. HASIL; Berdasarkan hasil analisis, Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas Generasi Z di Provinsi Jambi memiliki tingkat FoMO sedang (67,6%) dengan 19,3% berada pada kategori tinggi dan 13,1% pada kategori rendah. KESIMPULAN; Fenomena FoMO cukup umum di kalangan Generasi Z di Provinsi Jambi dengan dampak yang bervariasi tergantung respons individu. Media sosial memainkan peran besar dalam memicu FoMO yang dapat menyebabkan dampak negatif seperti kecemasan dan penyesalan maupun dampak positif seperti memperluas pengalaman dan meningkatkan kebahagiaan. KATA KUNCI; FoMO, Generasi Z, sosial media

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUSPITASARI
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:34
Last Modified: 17 Apr 2025 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77460

Actions (login required)

View Item View Item