Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Dan Chemo Edutainment Menggunakan Aplikasi Nearpod Pada Materi Asam Basa

Nova, Nuria (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Dan Chemo Edutainment Menggunakan Aplikasi Nearpod Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER SKRIPSI NURIA NOVA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI NURIA NOVA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI NURIA NOVA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI NURIA NOVA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NURIA NOVA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Nuria Nova.pdf

Download (360kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI NURIA NOVA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan chemo edutainment menggunakan aplikasi nearpod pada materi asam basa ini adalah multimedia pembelajaran yang dikhususkan untuk peserta didik, problem based learning adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemberian masalah nyata atau kompleks kepada peserta didik. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah. Chemo edutainment yang merupakan sebuah pendekatan pembelajaran kimia yang memasukkan elemen yang bersifat menghibur. Pengabungan kedua konsep ini bertujuan agar selain peserta didik dapat memecahkan masalah dengan berpikir kritis dalam pelajaran kimia peserta didik dapat mengerjakannya dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia berbasis problem based learning dan chemo edutainment menggunakan aplikasi nearpod pada materi asam basa, mengetahui prosedur pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE, mengetahui hasil validasi ahli materi dan media, penilaian guru, dan respons peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu - satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil secara konseptual (sangat layak) dari validator ahli materi dengan persentase 90,6% rerata skor 4,5 dan 84% dengan rerata skor 4,2 berdasarkan penilaian ahli media serta dinyatakan telah baik dan layak untuk diujicobakan disekolah. Selanjutnya berdasarkan penilaian dan tanggapan guru, memperoleh hasil (sangat layak) dengan rerata skor 4,8 persentase 96% serta pada respon peserta didik uji coba satu - satu, diperoleh hasil sangat baik dengan persentase sebesar 92 %. Dan pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil (sangat baik) dengan hasil persentase 93,6%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu multimedia pembelajaran interaktif dan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar pada materi asam basa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Probem Based Learning, Chemo-edutaintment, Nearpod, Asam Basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Amanda
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:24
Last Modified: 21 Apr 2025 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77495

Actions (login required)

View Item View Item