IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER DI SD NEGERI 41 KOTA JAMBI

Salsa, Zoya Marina (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER DI SD NEGERI 41 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tiga aspek utama dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di tingkat SD Negeri 41, Kota Jambi, yaitu: (1) perencanaan dan pelaksanaan projek; (2) hambatan dan tantangan projek; (2) serta evaluasi dan keberlanjutan projek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru Fase A, Guru Fase B, Guru Fase C. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki eampat tahapan yaitu, membentuk tim pelaksana. Identifikasi kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, serta yang terakhir ialah menyusun modul. Pada hasil penelitian masih terdapat kekurangan dalam mengelola perencanaan salah satunya pembentukan tim pelaksana. Kemudian pada pelaksanaan terdapat tiga tahapan yaitu, mengawali pelaksanaan projek, mengoptimalkan pelaksanaan projek dan mengakhiri pelaksanan projek. Pada tahapan pelaksanaan guru lebih membuat fleksibilitas dalam implementasinya sehingga dari modul projek dan praktik banyak perbedaan. (2) Hambatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu dari mentertibkan peserta didik, membuat peserta didik tertarik mengikuti kegiatan projek, megkondisikan peserta didik, fasilitas, sdm dan anggaran. (3) Evaluasi dan keberlanjutan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancsila. Evaluasi dilakukan dengan refleksi bersama dengan peserta didik. Kemudian keberlanjutan projek dapat dilakukan pada jenjang berbeda dan dilanjutkan pada kelas selanjunya. Serta peran orang tua sangat penting dalam keberlanjutan projek.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: P5, Kurikulum Merdeka, Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Salsa
Date Deposited: 24 Apr 2025 04:21
Last Modified: 24 Apr 2025 04:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77771

Actions (login required)

View Item View Item