PENERAPAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 PADA PENGGUNAAN DAN PENERIMAAN APLIKASI CANVA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI

Yulizha, Annisa Firda (2025) PENERAPAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 PADA PENGGUNAAN DAN PENERIMAAN APLIKASI CANVA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS ANNISA FIRDA YULIZHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (183kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Yulizha, Annisa Firda. 2025. Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 Pada Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar Di Kota Jambi. Program Sutudi Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (II) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 terhadap penggunaan aplikasi cnva guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survei. Responden dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pada sekolah dasar di Kota Jambi. Terdapat dua pertanyaan penelitian dan tujuh hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini. Target populasi pada penelitian ini adalah guru sekolah dasar di Kota Jambi. Penelitian ini diawali dengan pengisian kuesioner pilot study responden sebanyak 35 orang kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data utama. Teknik pengumpulan data utama dengan menyebarkan kuesioner secara offline dengan mendatangi langsung dan online menggunakan google form melalui whatsapp, dengan responden sebanyak 304 responden. Setelah data didapatkan maka akan dianalisis secara kuantitatif menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 yang terdiri dari harapan peningkataan kinerja, harapan peningkatan usaha, pengaruh sosial, kondisi yan mendukung, motivasi hedonis, nilai harga dan kebiasaan valid dan berpengaruh untuk menjelaskan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Guru menerima dan menggunakan aplikasi canva sesuai dengan kebutuhan dapat membantu dalam kegiatan proses pembelajaran, dari measurement model dan output yang dihasilkan menunjukkan bahwa Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 valid untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dengan nilai cronbach’s alpha dan composite reliability di atas 0,5. Ketujuh hipotesis yang diajukan peneliti menghasilkan pengaruh yang signifikan dengan t-value lebih besar dari 1,96. Hipotesis pertama harapan peningkatan kinerja mempengaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 2,853 ≥ 1,96. Hipotesis kedua harapan peningkatan usaha mempengaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 2,421 ≥ 1,96. Hipotesis ketiga pengaruh sosial mempengaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 2,546 ≥ 1,96. Hipotesis keempat kondisi yang mendukung mempegaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 2,416 ≥ 1,96. Hipotesis kelima motivasi hedonis mempengaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 3,251 ≥ 1,96. Hipotesis keenam nilai hrga mempengaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 2,511 ≥ 1,96. Hipotesis ketujuh kebiasaan mempengaruhi penggunaan aplikasi canva dengan nilai t-statistik 5,653 ≥ 1,96. Kata Kunci : Aplikasi Canva, Unified Theory Of Acceptance and Use Of Tehnology 2, Sekolah Dasar

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi canva, Unified Theory Of Acceptanced And Use Of Technology 2, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Annisa Firda Yulizha
Date Deposited: 30 Apr 2025 06:43
Last Modified: 30 Apr 2025 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77902

Actions (login required)

View Item View Item