Purba, Hengki Saputra (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS(STEM) BERBANTUAN APLIKASI KineMaster PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.058..pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.A1C121058.-1.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.A1C121058.-3.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.A1C121058.-5.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.A1C121058.-15-23.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.058.-94-95.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Hengki Saputra Purba.058.-96-98.pdf Download (168kB) |
Abstract
Purba, Hengki Saputra. 2025. Pengembangan Video Pembelajaran Praktikum Berbasis Science, Technology Engineering and Mathematics (STEM) Berbantuan Aplikasi KineMaster pada Materi Asam Basa: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matemarika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Afrida, S.Si., M.Si. (2) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Video pembelajaran praktikum merupakan suatu media pembelajaran berbentuk video yang di dalamnya merupakan penjelasan materi dasar yang kemudian dilanjut dengan kegiatan praktikum kimia yang dapat menggantikan peran praktikum bagi siswa sehingga siswa dapat memahami ilmu yang disampaikan melalui praktikum dapat tersampaikan tanpa melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan, kelayakan, penilaian guru dan respon siswa terhadap video pembelajaran praktikum berbasis STEM berbantuan aplikasi KineMaster pada materi asam basa yang dikembangkan. Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti tahapan dalam model pengembangan Lee and Owens yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu media dinilai oleh guru serta diuji cobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa video pembelajaran praktikum berbasis STEM berbantuan aplikasi KineMaster pada materi asam basa layak secara konseptual dan procedural berdasarkan ahli materi memperoleh hasil layak untuk diuji cobakan, ahli media dengan hasil layak diuji cobakan, penilaian guru layak untuk diuji cobakan, dan dari respon siswa memiliki hasil dengan persentase 87%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitianini dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran praktikum berbasis STEM berbantuan aplikasi KineMaster pada materi asam basa sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji coba kelompok kecil/small group dengan hasil sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | HENGKI SAPUTRA PURBA |
Date Deposited: | 07 May 2025 07:46 |
Last Modified: | 07 May 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |