Rohmah, Nurzila (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI Nurzila Rohmah.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Halaman Caver.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
ABSTRAK Rohmah, Nurzila. 2025. Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahun Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M Rusdi, S,Pd., M.Sc., (II) Prof. Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci: e-modul, Kontekstual, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Minat Belajar Dalam dunia pendidikan, teknologi memiliki peran yang penting yakni dapat membantu mempermudah pendidik maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berupa e-modul dapat menarik minat belajar siswa terlebih media yang dikembangkan simple dan praktis. Larutan elektrolit dan non elektrolit merupakan salah satu materi kimia yang berupa konsep-konsep abstrak. Pendekatan kontekstual mengajak peserta didik untuk menghubungkan konsep dan teori yang dipelajari dengan situasi di kehidupan nyata sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan menurut ahli dan media, penilaian pendidik bidang studi kimia dan respon serta minat peserta didik terhadap e-modul berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan minat belajar siswa yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh pendidik untuk selanjutnya diuji cobakan kelompok kecil. Teknik analisis data yang dilakukan analisis data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran serta analisis data kuantitatif diperoleh dari skor jawaban angket yang disebarkan. Hasil dari penelitian ini bahwa e-modul berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan minat belajar siswa mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 92% (sangat layak), ahli media sebesar 90% (sangat layak), penilaian pendidik sebesar 90% (sangat layak), uji coba kelompok kecil 84,8% (sangat baik), dan minat belajar peserta didik 90,6% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-Modul berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan minat belajar siswa sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, Kontekstual, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ROHMAH |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |