Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Efisiensi Belajar Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi.

Sihombing, Yuliana Margaretta (2025) Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Efisiensi Belajar Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI YULI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak: Efisiensi belajar mahasiswa saat ini cenderung menurun dikarenakan penggunaan AI yang berlebihan dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Meskipun AI dapat mempercepat proses belajar, ketergantungan pada AI mendorong mahasiswa menyelesaikan tugas secara instan tanpa memahami materi secara menyeluruh. Di sisi lain, kemampuan berpikir kritis yang lemah membuat mahasiswa kesulitan mengevaluasi informasi dan mengambil keputusan yang tepat. Hal ini menyebabkan proses belajar menjadi kurang efektif, dan pemahaman terhadap materi tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Efisiensi Belajar Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini terdapat populasi sebanyak 297 mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2022 dengan sampel sebanyak 170 mahasiswa dan pengambilan secara simple random sampling. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan google form, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel penggunaan artificial intelligence (AI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi belajar, dengan nilai thitung > ttabel adalah 2,421 > 1,654 dan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. Secara parsial variabel kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi belajar, dengan thitung > ttabel adalah 5,305 > 1,654 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan penggunaan artificial intelligence (AI) dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 22,536 > 3,05 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 21,3%. Dari hasil tersebut, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Kemampuan Berpikir Kritis serta kaitannya dengan efisiensi belajar, serta diharapkan wahana literatur dan sebagai motivasi agar dapat memahami Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Efisiensi Belajar. Abstract : The learning efficiency of today's students tends to decline due to overuse of AI and low critical thinking skills. Although AI can speed up the learning process, reliance on AI encourages students to complete tasks instantly without thoroughly understanding the material. On the other hand, weak critical thinking skills make it difficult for students to evaluate information and make informed decisions. This causes the learning process to be less effective, and understanding of the material is not optimally developed. This study aims to determine the effect of the use of Artificial Intelligence (AI) and Critical Thinking Ability on the Learning Efficiency of Students Majoring in PIPS Batch 2022 FKIP Jambi University both partially and simultaneously. In this study there was a population of 297 students majoring in PIPS class of 2022 with a sample of 170 students and simple random sampling. This research is a quantitative approach with an ex-post facto method. The data collection technique uses google form, while the data analysis technique used in this research is descriptive statistical analysis. The results showed that partially, the variable use of artificial intelligence (AI) had a positive and significant effect on learning efficiency, with a tcount> ttable value of 2.421> 1.654 and a significance value of 0.017 <0.05. Partially, the critical thinking ability variable has a positive and significant effect on learning efficiency, with a tcount> ttable is 5.305> 1.654 and a significance value of 0.000 < 0.05. Simultaneously, the use of artificial intelligence (AI) and critical thinking skills has a positive and significant effect on learning efficiency with the value of Fcount> Ftable, namely 22.536> 3.05 and a sig value of 0.000 < 0.05 and a coefficient of determination (R2) of 21.3%. From these results, it is hoped that this research can contribute to expanding knowledge and understanding of the use of Artificial Intelligence (AI) and Critical Thinking Ability and its relation to learning efficiency, as well as expected literature rides and as motivation in order to understand the use of Artificial Intelligence (AI) and Critical Thinking Ability on Learning Efficiency.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence (AI), Kemampuan Berpikir Kritis, Efisiensi Belajar, Mahasiswa, Teknologi Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SIHOMBING
Date Deposited: 08 May 2025 01:56
Last Modified: 08 May 2025 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78116

Actions (login required)

View Item View Item