Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Dengan Akses QR Code Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Sekolah Dasar

Wulandari, Yunita (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Dengan Akses QR Code Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak_Yunita Wulandari_171.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I_Yunita Wulandari_171.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB V_Yunita Wulandari_171.pdf

Download (535kB)
[img] Text
Cover_Yunita Wulandari_171.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Yunita Wulandari_171.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Skripsi_Yunita Wulandari_171.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_Yunita Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook dengan akses qr code pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sekolah dasar, dan untuk mendeskripsikan tingkat validitas serta mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix Methode). Model pengembangan yang dipakai pada penelitian yang dilaksanakan ini adalah model pengembangan DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari dengan subjek penelitian guru dan juga peserta didik. Data penelitian didapatkan melalui validasi media, validasi materi, serta validasi bahasa. Selain itu, data juga didapatkan dari hasil angket respon guru dan juga peserta didik untuk melihat keterbacaannya pada saat melaksanakan uji coba kelompok kecil dan kepraktisannya pada saat melaksanakan uji coba kelompok besar. Data dianalisis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya uji coba validasi dari ahli media mendapat skor rata-rata sebesar 4,47 dengan kategori sangat valid, penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,8 dengan kategori valid, dan untuk validasi bahasa mendapat skor rata-rata 4,6 dengan kategori valid. Dengan kesimpulan media pembelajaran flipbook yang dikembangkan valid dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Penilaian dari respon guru mendapatkan nilai dengan rata-rata 4,7 dengan kategori praktis, dan penilaian respon peserta didik pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor nilai rata-rata 4,62 dengan kategori sangat praktis. Dengan kesimpulan media yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya media pembelajaran flipbook dengan akses qr code pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sekolah dasar secara keseluruhan bisa dipergunakan pada saat proses pelaksanaan pembelajaran. This research aims to develop flipbook learning media with qr code access on Indonesian language subjects in grade IV of elementary school, and to describe the level of validity and describe the level of practicality of the media developed. This research is a type of development research (Research and Development) which is a research using a qualitative and quantitative approach (mix Method). The development model used in this research is the DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate) development model. This research was conducted at SDN 55/I Sridadi, Muara Bulian District, Batang Hari Regency with research subjects of teachers and students. Research data were obtained through media validation, material validation, and language validation. In addition, data was also obtained from the results of teacher and student response questionnaires to see its readability when conducting small group trials and its practicality when conducting large group trials. Data were analyzed using qualitative and quantitative data. The results of this study show that the validation trial from media experts got an average score of 4.47 with a very valid category, the assessment of material experts got an average score of 4.8 with a valid category, and for language validation got an average score of 4.6 with a valid category. With the conclusion that the flipbook learning media developed is valid and can be used in the learning process. The assessment of teacher responses got an average score of 4.7 with a practical category, and the assessment of student responses in the large group trial got an average score of 4.62 with a very practical category. With the conclusion that the media developed is very practical to use in learning. Based on the results of the study, it can be concluded that the flipbook learning media with qr code access in Indonesian language subjects in grade IV of elementary school as a whole can be used during the learning process.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flipbook, QR Code, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: YUNITA WULANDARI
Date Deposited: 08 May 2025 06:55
Last Modified: 08 May 2025 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78129

Actions (login required)

View Item View Item