Hidayati, Nur (2025) Peran Kepala Sekolah dalam Menyelesaikan Masalah Kenakalan Siswa di SMKS Batanghari Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan kedisiplinan yang sering terjadi di dunia pendidikan yang dapat berdampak kepada penyimpangan perilaku siswa atau kenakalan siswa, maka dari itu pentingnya penerapan disiplin positif di sekolah pada siswa dengan tujuan untuk membina, mendidik dan membentuk perilaku siswa sesuai dengan nilai yang ditanamkan dan sebagai salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh sekolah dalam memberikan batasan-batasan kepada siswa dalam berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya masalah kenakalan siswa, bagaimana peran kepala sekolah dalam mengatasi masalah kenakalan siswa, dan faktor-faktor paling menonjol dalam masalah kenakalan siswa di SMKS Batanghari Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Pengumpulan data melalui Observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru Bk, 2 orang guru wali kelas, dan 5 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Selanjutnya menggunakan triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, Bahwa faktor- faktor yang menyebabkan kenakalan siswa adalah faktor Keluarga, Faktor pribadi, faktor teman sebaya, dan faktor Perkembangan Teknologi. Kemudian kepala sekolah mengambil perannya dalam mengatasi masalah kenakalan siswa dengan 3 tahap, yang pertama kepala sekolah menananggulangi secara preventif, penanggulangan secara kuratif, dan penanggulangan secara pembinaan dengan pembiasaan positif. Dari faktor penyebab kenakalan siswa faktor yang paling menonjol dalam masalah kenakalan siswa yaitu faktor dari keluarga, faktor teman sebaya atau lingkungan sekolah, dan faktor perkembangan teknologi. This research is motivated by the issue of indiscipline that frequently occurs in the field of education, which can lead to behavioral deviations or student delinquency. Therefore, the implementation of positive discipline in schools is essential for guiding, educating, and shaping student behavior in accordance with instilled values, and as one of the school’s efforts to set behavioral boundaries for students. The purpose of this study is to identify the factors causing student delinquency, examine the role of the school principal in addressing student delinquency, and determine the most prominent factors contributing to student delinquency at SMKS Batanghari, Jambi City. This is a qualitative study using a phenomenological approach. Data were collected through observation, interviews, and document studies. The research subjects included the principal, guidance and counseling (BK) teacher, two homeroom teachers, and five students. The sampling technique used was purposive sampling. Triangulation was used to test the validity of the research data. The results of the study show that the factors contributing to student delinquency include family factors, personal factors, peer influence, and technological development. The principal plays a role in addressing student delinquency through three stages: preventive measures, curative measures, and developmental measures through positive habits. Among these factors, the most prominent causes of student delinquency are family-related issues, peer or school environment influences, and the impact of technological developments.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Principal's Role,and Student Delinquency |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | NUR HIDAYATI GULTOM |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |