Agustian, Arif (2025) Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Strata Dua Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB 1_ARIF AGUSTIAN.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB 5_ARIF AGUSTIAN.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
COVERR.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ARIF AGUSTIAN_A1A120044.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ARIF AGUSTIAN_A1A120044.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_ARIF AGUSTIAN.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangangi oleh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 dengan 21 orang mahasiswa yang tidak berminat untuk menlanjutkan studi strata dua. Dan sebanyak 9 orang mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2020 yang berminat untuk melanjutkan studi strata dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan melanjutkan studi strata dua pada mahasiswa pendidikan ekonomi tahun 2020 dan 2021 Universitas Jambi. Penelitian dilakukan di Universitas Jambi pada bulan juli 2024. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif alat pengumpulan data menggunakan angket melalui google form yang disebar pada grup whatsApp mahasiswa dengan sampel sebanyak 120 mahasiswa. Analisis deskriptif, analisis berganda, normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji t, f, dan koefisien determinasi merupakan beberapa metode analisis data yang digunakan. Temuan penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana dukungan orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi minat mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 dan 2021 untuk melanjutkan pendidikan menengah lebih lanjut. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dukungan orang tua (X1) memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap minat melanjutkan studi Statra dua (Y), dengan t hitung sebesar 6,145 dan nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan orang tua secara langsung mempengaruhi minat melanjutkan studi strata dua. Selain itu, motivasi belajar juga memliki pengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi strata dua (Y) dengan nilai t hitung 8,718 dan nilai signifikan 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berperan penting dalam meningkatkan minat melanjutkan studi strata dua. Selain itu, dengan nilai F sebesar 230,713 dan nilai signifikan sebesar 0,000, analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen motivasi belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi strata dua. Hasil ini menyoroti pentingnya perpaduan pengaruh kontekstual akademik dan keluarga dalam mempengaruhi keinginan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana. Para pembuat kebijakan dan lembaga pendidikan dapat menggunakan penelitian ini untuk meningkatkan minat mahasiswa untuk melanjutkan studi strata dua.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar, Minat Melanjutkan Studi S2 |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | AGUSTIAN |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:43 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |