Nuari, Putri Avina (2025) Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Based Learning berbantuan Kahoot pada Materi Struktur Atom. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK1.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
skripsi vina.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan-3.pdf Download (397kB) |
Abstract
Nuari, Putri Avina, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Berbantuan Kahoot Pada Materi Struktur Atom”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Fuldiaratman, M.Pd. (II) Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Based Learning, Kahoot, Struktur Atom Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Berbantuan Kahoot Pada Materi Struktur Atom merupakan media yang menampilkan gambar, teks, video dan kuis. Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Berbantuan Kahoot Pada Materi Struktur Atom menyajikan materi, informasi dan menjelaskan konsep-konsep yang rumit, danan soal-soal kuis kepada peserta didik dengan lebih menarik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran terintegrasi Profil Pelajar Pancasila menurut validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian guru serta respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Game Based Learning berbantuan Kahoot pada materi Struktur Atom ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Produk hasil media yang dikembangkan ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, penilaian guru kemudian diujicobakan ke kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Game Based Learning berbantuan Kahoot mendapatkan hasil validasi kelayakan ahli materi sebesar 4,6 dengan kategori Sangat Layak, ahli media sebesar 4,7 dengan kategori Sangat Layak, penilaian guru sebesar 4,72 dengan kategori Sangat Layak, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 95%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahwa media pembelajaran berbasis Game Based Learning berbantuan Kahoot pada materi struktur atom yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game Based Learning, Kahoot, Struktur Atom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PUTRI AVINA NUARI |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |