Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Pada Kompetensi Operasi Hitung Bilangan dengan Menggunakan Model Problem Posing

Simbolon, Evy Herlina (2019) Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Pada Kompetensi Operasi Hitung Bilangan dengan Menggunakan Model Problem Posing. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)

Abstract

Herlina, E. S. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Kompetensi Operasi Hitung Bilangan Dengan Menggunakan Model Problem Posing”. Skipsi Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd, M.Comp.Eng dan Pembimbing II Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Soal Cerita, Model Problem Posing. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita dengan hasil observasi kemampuan pemecahan masalah (menyelesaikan soal cerita) sebesar 30,27%. Pembelajaran yang mengedepankan satu arah dimana guru memiliki peran utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga saat guru memberikan soal latihan banyak siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan dan berakibat juga pada hasil belajarnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui model problem posing dan memperbaiki proses pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu data berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data hasil evaluasi siswa dalam mengerjakan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model problem posing. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model problem posing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Berdasarkan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan hasil evaluasi siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase aktivitas belajar siswa sebesar 48,98% dengan kategori kurang pada siklus I dan 81,06% dengan kategori baik pada siklus II, serta hasil persentase evaluasi belajar siswa sebesar 41,19% dengan kategori kurang pada siklus I dan 81,38% dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VB SDN 66/IV Kec. Telanaipura kota Jambi dapat meningkat setelah diterapkan model problem posing.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EVY HERLINA SIMBOLON
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:46
Last Modified: 18 Apr 2019 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7873

Actions (login required)

View Item View Item