Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Virus untuk Kelas X SMA

Cahya, Nafla (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Virus untuk Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
NAFLA CAHYA_A1C421073_DRAFT SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Halaman Judul_Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (477kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran biologi di SMA Negeri 13 Kota Jambi belum berlangsung secara optimal meskipun telah menerapkan Kurikulum Merdeka dan menggunakan model pembelajaran aktif seperti Discovery Learning dan Problem-Based Learning (PBL). Salah satu kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran adalah keterbatasan waktu, yang menyebabkan tujuan pembelajaran sering kali tidak tercapai. Selain itu, meskipun guru telah memanfaatkan lembar kerja siswa (LKS) dalam proses pembelajaran, LKS yang digunakan belum sepenuhnya terintegrasi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Hal ini berdampak pada kurang efektifnya proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan pengembangan E-LKPD berbasis problem-based learning pada materi virus di SMA, dan 2) mengetahui E-LKPD berbasis problem-based learning yang dikembangkan mampu membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran pada materi virus. E-LKPD ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran biologi dan mengatasi masalah keterbatasan waktu pembelajaran serta rendahnya penggunaan bahan ajar yang relevan. Penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Teknik pengumpulan data kelayakan produk E-LKPD dilakukan dengan angket wawancara, studi pendahuluan, respon para ahli, respon praktisi, dan lembar pretest dan posstest. Data angket validitas dan respon praktisi dianalisis menggunakan skala Likert, sedangkan hasil pretest dan posttest dianalisis melalui uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian setelah E-LKPD berbasis PBL diterapkan adalah: 1) E-LKPD mendapatkan respon sangat layak oleh peserta didik dengan perolehan nilai sebesar 90,6%, dan 2) E-LKPD mampu meningkatkan hasil belajar, karena 80,77% peserta didik mencapai nilai posttest di atas KKM dengan rata-rata nilai sebesar 79,30. Oleh sebab itu E-LKPD dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, Virus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: NAFLA CAHYA
Date Deposited: 28 May 2025 01:59
Last Modified: 04 Jun 2025 07:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78741

Actions (login required)

View Item View Item