Implementasi nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah

Lestari, Winda (2019) Implementasi nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover_sampai_daftar_lampiran[1].pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB_V-dikonversi[1].pdf

Download (16kB)

Abstract

Lestari, winda . 2019. Implementasi Nilai Kebersamaan Siswa dalam Pergaulan di Sekolah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto,M.Pd (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Nilai Kebersamaan, Pergaulan Siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada saat peneliti melakukan pengamatan pergaulan siswa di kelas pada saat guru masuk kelas tanpa diperintahkan terlebih dahulu siswa langsung bertegur sapa dan bersalaman dengan gurunya. Pada saat belajar siswa akan duduk bersama temannya secara berkelompok dan mereka akan bertukar tempat duduk setiap harinya dan dengan teman yang berbeda-beda. Pada saat peneliti melakukan pengamatan di luar kelas peneliti melihat bahwa peserta didik sangat dekat dengan kakak kelas dan adik kelasya mereka bermain bersama tanpa membedakan usia dan jenis kelamin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengimplementasian nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah dan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pengimplementasian nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDN 66/IV Telanaipura Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subek peneitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik kelas 1A, 2B, 3C, 4C dan 5A SDN 66/IV Kota Jambi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan data pendukung berupa foto. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahap reduksi data, mendisplay data dan menarik kesimpulan. Uji validitas yang digunakan adalah teknik triangulasi. Jenis triangulasai yang digunakan berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah sudah sangat baik diterapkan. Pengimplementasian nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah dimulai dari pembiasaan untuk saling menghormati dan menghargai, tidak egois, peduli, saling tolong menolong, menghargai perbedaan dan saling menyayangi, mau berteman dengan siapa saja dan tidak membeda-bedakan teman. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi nilai kebersamaan siswa dalam pergaulan di sekolah dimuat ke dalam beberpa program yaitu sholat berjamaah, ekstrakulikuler, pramuka, polisi cilik dan makan siang bersama.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WINDA LESTARI
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:49
Last Modified: 18 Apr 2019 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7877

Actions (login required)

View Item View Item