Sofiana, Dedek (2019) PENERAPAN METODE MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BONEKA TONGKAT UNTUK MENINGKATKAN NILAI ANTI KORUPSI SISWA KELAS III B. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Sofiana, Dedek Padilah. 2018. Penerapan Metode Mendongeng dengan Menggunakan Alat Peraga Boneka Tongkat untuk Meningkatkan Nilai Anti Korupsi Siswa Kelas III B: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (2) Panut Setiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: metode mendongeng, alat peraga boneka tongkat, pendidikan anti korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur penerapan metode mendongeng dengan menggunakan alat peraga boneka tongkat dalam meningkatkan nilai anti korupsi siswa kelas III B SD Negeri 131/IV Telanaipura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus. Model tindakan kelas yang digunakan adalah model PTK Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan III B SD Negeri 131/IV Telanaipura Pada 1 September 2018 – 15 Februari 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara mengamati sikap anti korupsi peserta didik melalui lembar observasi nilai anti korupsi kejujuran, tanggung jawab, dan kemandirian peserta didik (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru kelas (sebagai data penunjang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada nilai anti korupsi kejujuran, tanggung jawab, dan kemandirian peserta didik setelah diterapkannya metode mendongeng dengan menggunakan alat peraga boneka tongkat. Pada pra tindakan nilai anti korupsi peserta didik hanya sebesar 55%. Pada siklus I nilai anti korupsi peserta didik mengalami peningkatan sebesar 59%. Setelah dilakukannya perbaikan pada siklus II nilai anti korupsi peserta didik mengalami peningkatan menjadi 63%. Pada siklus III nilai anti korupsi peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 70%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpilkan bahwa penerapan metode metode mendongeng dengan menggunakan alat peraga boneka tongkat dapat meningkatkan nilai anti korupsi kejujuran, tanggung jawab, dan kemandirian peserta didik kelas III B SDN 131/IV Telanaipura. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pembelajaran tidak terasa membosankan dan melelahkan bagi peserta didik, guru dapat memberikan permainan-permainan atau ice breaking yang bervariasi seperti tepuk satu, tepuk hari minggu, permainan darat laut udara, dan lain sebagainya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEDEK PADILAH SOFIANA |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 02:49 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |