FEBSI KHAIRATUL, MAYORA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GREEN CHEMISTRY. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI MAYORA..pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover SKRIPSI MAYORA..pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Hal Pengesahan SKRIPSI MAYORA.-3-4.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI MAYORA-15-26.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI MAYORA-115.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka SKRIPSI MAYORA-116-121.pdf Download (394kB) |
Abstract
Khairatul, Mayora, Febsi. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Green Chemistry Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr.rer.nat Rayandra Asyhar, M.Si. (II) Drs. Epinur, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Green Chemmistry, Motivasi Belajar. Di era globalisasi, pendidikan berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Kurikulum Merdeka hadir untuk membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21 melalui pendekatan yang fleksibel dan berpusat pada siswa. Namun, dalam pembelajaran kimia, khususnya pada materi Green Chemistry, banyak siswa mengalami kesulitan dan kurang termotivasi. Model pembelajaran yang kurang variatif menjadi salah satu penyebab utama. Oleh karena itu, diperlukan strategi inovatif, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), yang menggabungkan permainan dan kompetisi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT terhadap motivasi belajar siswa pada materi Green Chemistry. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain Non-Equivalent Control Group. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelas kontrol yang menggunakan model Think Pair Share (TPS). Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan kuesioner motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji ANCOVA untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai Pengukuran Akhir kelas eksperimen yaitu 117 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 102. Uji t-independen memperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0.000, sehingga hipotesis (H₀) ditolak dan hipotesis (H₁) diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji t-dependen menunjukkan bahwa kedua kelas mengalami peningkatan motivasi belajar secara signifikan, tetapi peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa setelah mengontrol variabel kovariat, model TGT tetap memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, model TGT berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA N 11 Muaro Jambi pada materi Green Chemistry. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Green Chemmistry, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | KHAIRATUL |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:21 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |