DAMPAK DIGITAL PARENTING TERHADAP PRA REMAJA GENERASI ALPHA KELAS 6 DI FASE C SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA JAMBI

DARWIN, CHARLES (2025) DAMPAK DIGITAL PARENTING TERHADAP PRA REMAJA GENERASI ALPHA KELAS 6 DI FASE C SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA JAMBI. S2 thesis, Journal of Innovation and Research in Primary Education.

[img] Text (thesis)
THESIS FINAL CHARLES DARWIN MEI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
Official URL: https://ejournal.papanda.org/index.php/jirpe/artic...

Abstract

ABSTRAK DAMPAK DIGITAL PARENTING TERHADAP PRA REMAJA GENERASI ALPHA KELAS 6 DI FASE C SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA JAMBI Oleh: Charles Darwin P2A623023 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Pesatnya perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup anak praremaja, khususnya mereka yang termasuk dalam generasi Alpha. Penelitian ini mengkaji peran pola asuh digital dalam membentuk perilaku dan prestasi akademik siswa kelas VI SD Swasta Stella Maris Kota Jambi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan orang tua, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis, yaitu membiarkan anak-anaknya mengeksplorasi media digital dengan arahan dan batasan yang tepat. Metode ini terbukti efektif membantu anak-anak menyeimbangkan paparan digital dengan tanggung jawab akademis. Sebaliknya, pola asuh otoriter dan lalai jarang diadopsi karena berdampak buruk pada perkembangan emosional dan sosial anak. Pola asuh permisif, meskipun menawarkan kebebasan, cenderung menghasilkan kurangnya disiplin dan penurunan prestasi akademik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh demokratis, jika diintegrasikan dengan aturan penggunaan media digital yang jelas, memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan anak praremaja di era digital. Kata Kunci: Pola Asuh Digital, Generasi Alfa, Pra-remaja, Perkembangan Anak, Gaya Asuh, Teknologi dan Pendidikan

Type: Thesis (S2)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Charles Darwin
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:44
Last Modified: 03 Jun 2025 04:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78915

Actions (login required)

View Item View Item