ANALISIS PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR

REZKI, WELLA (2019) ANALISIS PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Dok baru 2019-04-23 11.21.49_1.pdf

Download (826kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK Rezki, Wella Analisis Penerapan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Ahmad Hariandi. S.Pd.I., M.Ag Kata Kunci : Penerapan Full Day School, Karakter Religius Penelitan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi tentang Analisis Penerapan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Penelitian dilatar belakangi oleh munculnya penerapan full day school sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada siswa. Permasalahan yang muncul adalah masyarakat yang masih kontra terhadap penerapan full day school dapat memperbaiki karakter siswa. Untuk menjawab hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada karakter religius siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Fenomenologi yang digolongkan kedalam kualitatif deskriptif, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yaitu : Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembentukan karakter siswa dilakukan dengan progran sekolah yang meliputi kegiatan rutinitas yang terdiri dari kegiatan keagamaan yang meliputi Sholat Berjamaah, Pengajian Siswa (TPA),serta kegiatan keagamaan lainnya, Metode pembiasaan yang diterapkan kepada siswa digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan. Kemudian keberhasilan pembentukan karakter melalui sistem full day school ditunjukkan dengan tercapainya beberapa tujuan pendidikan yang telah dirancang oleh sekolah, kemudian ditunjukkan dengan terbentuknya nilai-nilai karakter salah satunya karakter religius. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang analisis penerapan full day school dalam membentuk karakter religius siswa Sekolah Dasar, dapat disimpulkan bahwa Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi telah menerapkan full day school 2 tahun belakangan ini tepatnya pada tahun 2017. Sekolah Dasar Negeri 47/IV Koto jambi merupakan salah satu piloting yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan program penguatan karakter sejak tahun 2017. Full Day School ini merupakan bagian dari penguatan karakter, Dengan adanya penerapan full day school maka sekolah dapat memantau kegiatan keagamaan siswa seperti Sholat, Pengajian Siswa, Tahfiz, Pembacaan AL-kitab dan lain sebagainya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WELLA REZKI
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:02
Last Modified: 24 Apr 2019 01:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7897

Actions (login required)

View Item View Item