Anggraini, Devi (2025) Efektivitas Teknik Self-Management pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMPN 30 Muaro Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
Full Skripsi Devi Anggraini.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
bab V KESIMPULAN.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa terkait dengan rendahnya minat belajar yang ditandai dengan siswa yang kurang tertarik dengan tugas-tugas yang diberikan guru, siswa yang tidak memperhatikan guru, mengobrol ketika proses pembelajaran berlangsung, ada beberapa siswa yang tidak mencatat materi ketika guru menjelaskan, siswa yang keluar masuk kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan serta untuk mengetahui seberapa efektif teknik yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Perilaku minat belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu suatu ketertarikan atau keinginan seseorang untuk mengikuti suatu kegiatan pembelajaran tanpa adanya suatu keterpaksaan. Teknik self-management dalam penelitian ini yaitu suatu teknik yang digunakan untuk mengelola diri agar dapat mencapai perubahan perilaku negatif menjadi perilaku positif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode preexperimental design one group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 58 siswa, dengan metode panarikan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang yang memiliki kriteria minat belajar rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data dideskripsikan melalui perhitungan persentase interval, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji-t, uji N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat minat belajar sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah dengan rata-rata 73,2 Setelah diberikan perlakuan tingkat minat belajar siswa mengalami peningkatkan yang berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 120. Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa signifikansi nilai Sig. sebesar .000 yang artinya kurang dari 0,05, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil nilai N-gain score untuk tingkat keefektivitasnnya tergolong kedalam tafsiran efektif, hal ini dikarenakan nilai N-gain persen yang diperoleh adalah 225,30 % > 76%. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik self-management pada layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan minat belajar karena terdapat peningkatan setelah diberikan perlakuan. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management, Minat Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Anggraini |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |