Pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis augmented reality untuk siswa di sekolah dasar pada materi sistem pernafasan

Fauziah, Sobrini (2025) Pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis augmented reality untuk siswa di sekolah dasar pada materi sistem pernafasan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V...pdf

Download (16kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan hasil analisis pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality untuk siswa sekolah dasar pada materi sistem pernapasan, (2) menjelaskan hasil validasi desain dari pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality, (3) menjelaskan hasil validasi produk dari pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality, (4) menjelaskan hasil implementasi bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality, dan (5) menjelaskan hasil evaluasi pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality untuk siswa sekolah dasar pada materi sistem pernapasan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R\&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluate) sebagai landasan dalam proses pengembangan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara awal, serta kuesioner validasi materi, media, bahasa, dan angket kepraktisan dari guru serta siswa. Hasil penelitian berupa bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas V SD. Produk ini dapat diakses menggunakan perangkat mobile atau tablet dengan bantuan aplikasi AR. Hasil validasi menunjukkan bahwa aspek materi memperoleh skor rata-rata 4,4, aspek media 4,7, dan aspek bahasa 4,8, yang keseluruhannya termasuk kategori “Sangat Valid”. Sementara itu, kepraktisan produk berdasarkan angket guru mencapai rata-rata 4,8, kelompok kecil siswa 4,14, dan kelompok besar siswa 4,48, yang juga termasuk kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil validitas dan kepraktisan yang telah dicapai, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ensiklopedia berbasis Augmented reality pada materi sistem pernapasan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Produk ini mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, sekaligus membantu siswa memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat menjadi salah satu solusi inovatif untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, bahan ajar,pembelajaran IPAS,sistem pernafasan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SOBRINI FAUZIAH
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:20
Last Modified: 04 Jun 2025 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79071

Actions (login required)

View Item View Item