Sembiring, Armanta (2025) Penggunaan Media Batang Napier Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_Armanta Sembiring.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Batang Napier dalam meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang membahas bagaimana penggunaan media Batang Napier dapat meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa kelas III. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD N 36/I Kilangan yang berjumlah 11 orang, terdiri dari 2 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen observasi yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan operasi hitung siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Untuk mengukur kemampuan operasi hitung siswa, dilakukan tes di setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung matematika pada siswa kelas III SD N 36/I Kilangan. Hal ini terlihat dari hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan persentase klasikal sebesar 22,22%, yang meningkat menjadi 40% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1, persentase klasikal mencapai 55,55%, dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 88,88%. Selain itu, hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 38,88. Nilai rata-rata post-test pada siklus I mencapai 58, sedangkan pada siklus II mencapai 81,11. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media Batang Napier berhasil dalam meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa kelas III Sekolah Dasar. Saran dalam penelitian ini adalah agar guru lebih kreatif dan inovatif dalam memahami karakteristik siswa serta memperhatikan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batang Napier, Perkalian, Kemampuan Berhitung |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Armanta Sembiring |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:22 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |