Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana Di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi

Husnaini, Devita (2025) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana Di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (652kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Jambi masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Kenyataan tersebut didapatkan dari hasil observasi awal peneliti menemukan masalah dalam proses pembelajaran diantaranya peserta didik kurang aktif dalam mengemukakan banyak ide atau solusi terhadap suatu permasalahan, peserta didik hanya mengulangi gagasan yang sudah ada atau bahkan meniru jawaban teman, dan dalam memberikan jawaban atau solusi peserta didik hanya mencakup gagasan dasar tanpa alasan pendukung. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari tiga siklus yang masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas peserta didik dan aktivitas guru, instrumen tes, serta instrumen pendukung seperti domunentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning pada materi usaha, energi dan pesawat sederhana di kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi usaha, energi dan pesawat sederhana di kelas VIII B dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I tingkat kemampuan berpikir kreatif berada pada persentase 40,675% dan hasil observasi peserta didik berada pada persentase 64,195%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II, kemampuan berpikir kreatif menjadi 78,125% dan hasil observasi peserta didik menjadi 80,23%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, kemampuan berpikir kreatif, dan usaha, energi dan pesawat sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Husnaini
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:41
Last Modified: 04 Jun 2025 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79113

Actions (login required)

View Item View Item