Anggini, Sari (2025) Pengembangan e-LKPD Berbasis Masalah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Hidrokarbon. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
draf Skripsi SARI AMELIA ANGGINI..pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (150kB) |
Abstract
Anggini, Sari Amelia. 2025. “Pengembangan e-LKPD Berbasis Masalah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Hidrokarbon”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. (II) Prof. Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci: e-LKPD, PBL, Hidrokarbon e-LKPD merupakan lembar kerja peseta didik yang disajikan dalam bentuk elektronik dengan berisikan materi dan soal-soal untuk peserta didik pecahkan permasalahannya, di dalam e-LKPD terdapat gambar, animasi, dan video pembelajaran yang menarik agar mampu menguatkan pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi yang disampaikan. Kelebihan e-LKPD adalah dapat mempersempit ruang dan waktu sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan e-LKPD dapat disajikan dalam bentuk interaktif dengan peserta didik dapat langsung mengisi soal yang telah disajikan dalam bentuk game sehingga peserta didik tertarik dan aktif selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-LKPD berbasis masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi hidrokarbon dan untuk mengetahui kelayakan secara konseptual serta prosedural terhadap pengembangan e-LKPD berbasis masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi hidrokarbon mendapatkan hasil kelayakan ahli materi dengan rerata 4,47 dalam kategori “Sangat Layak” dan hasil kelayakan ahli media dengan rerata 4,11 dalam kategori “Layak”, penilaian guru sebesar 4,8 dalam kategori “Sangat Layak”, serta respon peserta didik dengan persentase 92,85% dan berpikir kritis 91,14% dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan e-LKPD berbasis masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi hidrokarbon ini layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai salah satu bahan ajar kimia dan berpotensi melatih kemampuan berpikir kritis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, PBL, Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Anggini |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:00 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |