Xena, Anta and Basuki, Fibrika Rahmat and Jufrida, Jufrida (2019) Pengembangan Buku Ajar IPA Fisika Berkonteks Kearifan Lokal Jambi dengan Pendekatan Kontekstual Kelas VIII Semester II. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) |
Abstract
Xena, Anta. 2019. Pengembangan Buku Ajar Ipa Berkonteks Kearifan Lokal Jambi dengan Pendekatan Kontekstual Kelas VIII semester II : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si, Ketua (II) Fibrika Rahmat Basuki, M.Pd, Sekretaris Kata Kunci: Buku Ajar, Kearifan lokal (Local Wisdom), Kontekstual Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA berbasis kearifan lokal Jambi dengan pendekatan kontekstual kelas VIII semester II, mengetahui kelayakan buku ajar yang dikembangkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku ajar IPA berbasis kearifan lokal Jambi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan metode pengembangan yang dipilih adalah ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada Februari 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 1 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket sikap dan motivasi siswa, angket kebutuhan siswa, angket kebutuhan guru, angket persepsi siswa, angket validasi juga lembar wawancara. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data, pengelompokkan data, analisis, dan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu penyajian data, ukuran pemusatan data, dan ukuran penyebaran data. Hasil dari penelitian ini adalah buku ajar IPA fisika berbasis kearifan lokal Jambi dengan pendekatan kontekstual kelas VIII semester II yang memiliki ukuran 210 mm x 297 mm. Produk ini terdiri dari 2 bab yaitu tentang tekanan zat dan getaran, gelombang dan bunyi pada kehidupan sehari-hari. Buku dilengkapi dengan gambar-gambar kearifan lokal yang diintegrasikan dengan materi pembelajaran IPA. Buku yang dihasilkan telah melalui tahap validasi ahli materi dan media yang dikategorikan sangat baik dan layak untuk diujicobakan. Hasil persepsi siswa yang dilakukan di SMP 1 Muaro Jambi yang dilakukan kepada 30 siswa kelas VIII hasilnya menunjukkan bahwa buku ajar IPA fisika berbasis kearifan lokal Jambi kelas VIII semester II dikategorikan baik. Adapun nilai yang diperoleh masing-masing aspek adalah kelayakan isi 4,2, kebahasaan 4,1 dan kegerafikan 4,15. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ajar IPA fisika berbasis kearifan lokal Jambi yang telah dikembangkan memiliki kategori layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran juga digunakan sebagai buku ajar tambahan dari referensi yang sudah ada. Dari hasil penelitian ini diharapkan buku ajar yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai referensi tambahan dan dilanjutkan sampai ketahap implementasi dan evaluasi oleh peneliti selanjutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANTA XENA |
Date Deposited: | 14 May 2019 06:34 |
Last Modified: | 14 May 2019 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |