TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA PETSHOP DALAM PENGGUNAAN JASA PENITIPAN HEWAN KEPADA KONSUMEN DI KOTA JAMBI

Fahira, Fradhifa Islami (2025) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA PETSHOP DALAM PENGGUNAAN JASA PENITIPAN HEWAN KEPADA KONSUMEN DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Hukum Perdata.

[img] Text
Skripsi Fradhifa Islami Fahira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak (2).pdf

Download (174kB)
[img] Text
Abstrak (2).pdf

Download (174kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang pelaksanaan perjanjian penitipan hewan antara petshop dan pemilik hewan di Kota Jambi dan untuk mengetahui dan mengindentifikasi bentuk tanggung jawab petshop dalam menjaga kesehatan dan keselamatan hewan selama penitipan. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian penitipan hewan antara pemilik dan petshop di Kota Jambi dan bagaimana bentuk tanggung jawab pelaku usaha petshop dalam menjaga kesehatan dan keselamatan hewan selama masa penitipan. Metode yang digunakan adalah yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian penitipan belum berjalan dengan baik, karena ditemukan adanya kelalaian di masa penitipan yang telah menyebabkan hewan mengalami stres, sakit, luka, dan hampir hilang. Kelalaian ini disebabkan oleh kurangnya profesionalisme petshop dan tidak dijalankan nya standar operasional petshop dengan benar. Oleh karena itu, petshop wajib bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerugian yang timbul, baik berupa biaya pengobatan maupun kompensasi lainnya. Walaupun petshop telah bertanggung jawab tetapi tangung jawab tidak dilaksankan secara sepenuhnya dan optimal, seharusnya tanggung jawab petshop dapat dilaksanakan secara penuh dan profesional atas kerugian agi pemilik hewan yang menitipkan hewannya. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan standar pelayanan serta pengawasan yang lebih ketat untuk menjamin terpenuhinya hak-hak konsumen dan kesejahteraan hewan yang dititipkan secara berkelanjutan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Fahira
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:29
Last Modified: 10 Jun 2025 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79398

Actions (login required)

View Item View Item