Septi, Sabila Eka (2025) PERSEPSI GURU PADA PERANGKAT PEMBELAJARAN CITIZENSHIP IN SCIENCE TERINTEGRASI SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KARAKTER RASA INGIN TAHU, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ENERGI. S2 thesis, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
![]() |
Text
Tesis Sabila Eka Septi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Bab Kesimpulan.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (110kB) |
Abstract
Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada bidang IPA didorong oleh kebutuhan tentang pentingnya kemampuan berpikir kritis, karakter rasa ingin tahu, dan keterampilan proses sains. Permasalahan pemborosan energi yang dilakukan siswa dapat menjadi hambatan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kesadaran siswa tentang pentingnya energi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu adanya perangkat pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengatasi masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam proses pengembangan perangkat pembelajaran citizenship in science terintegrasi science technology society terhadap kemampuan berpikir kritis, karakter rasa ingin tahu, dan keterampilan proses sains siswa pada materi energi. Tujuan kedua adalah mengetahui kelayakan konseptual perangkat pembelajaran dengan melibatkan validasi ahli materi dan ahli media, dan tujuan ketiga adalah menilai kelayakan secara prosedural melalui persepsi guru terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Research & Development bertujuan untuk menghasilkan produk, dan dalam konteks ini, produk yang dikembangkan adalah Perangkat Pembelajaran Citizenship in Science Terintegrasi Science Technology Society Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter Rasa Ingin Tahu, dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Energi. Model ADDIE, yang terdiri dari Analysis, Design, Development, dan Evaluation, dipilih karena memberikan prosedur kerja yang sistematis dengan pengacuan pada langkah sebelumnya pada setiap tahapan, meminimalisir kekurangan produk, dan memiliki fleksibilitas yang relevan dengan kondisi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perangkat pembelajaran dilaksanakan dengan metode Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Tahap awal melibatkan analisis kebutuhan dengan memahami harapan dan kebutuhan guru IPA di SMP Provinsi Jambi. Desain perangkat pembelajaran dievaluasi oleh validator ahli materi dan ahli media, dan revisi dilakukan berdasarkan saran validator. Uji coba produk melibatkan Sembilan guru di lima SMP Provinsi Jambi dan hasilnya menunjukkan hasil yang sangat baik, dalam kategori "Sangat Setuju." Validasi ahli materi dan ahli media juga menghasilkan penilaian "Sangat Baik" secara konseptual. Secara keseluruhan, perangkat pembelajaran ini berhasil dikembangkan dan dinyatakan sangat layak digunakan, memenuhi standar kualitas konsep IPA dan mampu diaplikasikan dengan baik dalam mengatasi masalah pada bidang IPA khususnya pada materi energi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Sabila Eka Septi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:51 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |