PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2021

Putri, Liestia Tri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2021. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (434kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Liestia Tri. 2025. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2021: Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Dra. Muazza, M.Si. II Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Penggunaan Teknologi Informasi, Artificial Intelligence, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada hasil belajar mahasiswa yang belum optimal. Hal ini disebabkan oleh penggunaan teknologi informasi dan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran yang belum efektif, serta rendahnya tingkat literasi teknologi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi dan penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi angkatan 2021, baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi angkatan 2021 dengan sampel sebanyak 83 mahasiswa dan diambil secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel Penggunaan Teknologi Informasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel. Secara parsial variabel artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel. Secara simultan Penggunaan Teknologi Informasi dan artificial intelligence (AI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi dan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran dengan kaitannya terhadap hasil belajar mahasiswa, serta dapat dijadikan sebagai literatur agar dapat memahami dan menguasai serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan artificial intelligence (AI) guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Teknologi Informasi, Artificial Intelligence, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putri
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:34
Last Modified: 10 Jun 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79417

Actions (login required)

View Item View Item