Rabbani, Maulidiyah (2025) Pengaruh Kegiatan Papercraft Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Kelompok B3 Di TK Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batang Hari. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (342kB) |
Abstract
Rabbani, Maulidiyah. 2025. Pengaruh Kegiatan Papercraft Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Kelompok B3 Di TK Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batang Hari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kegiatan Papercraft, Perkembangan Motorik Halus Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batang Hari masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan pada saat observasi dikelas B3 terdapat sebagian besar anak masih kesulitan dalam menggerakkan jari-jemari saat melakukan kegiatan seperti menempel, menggunting, menggambar, menarik garis, atau melipat mengikuti pola. Masih terlihat ada yang kurang rapi, masih keluar dari garis, dan ada anak yang tidak berkonsentrasi karena terlalu asik berbicara dengan teman sehingga banyak yang tidak teliti dan kurang fokus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan papercraft terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini pada kelompok B3 di TK negeri sungai rengas kabupaten batang hari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 anak dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 41,105 > 2,101 pada taraf signifikan α = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan papercraft terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini pada kelompok B3 di TK Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batang Hari. Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan papercraft dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Rabbani, Maulidiyah. 2025. The Effect of Papercraft Activities on the Development of Fine Motor Skills of Early Childhood in Group B3 at Sungai Rengas State Kindergarten, Batang Hari Regency: Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Department of Early Childhood and Elementary Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jambi. Advisors (I) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Keywords: Papercraft Activities, Fine Motor Skills Development This research is motivated by the results of observations by researchers in the field which show that the development of fine motor skills of children aged 5-6 years at Sungai Rengas State Kindergarten, Batang Hari Regency has not yet developed optimally. This is evidenced by observations in class B3 where most children still have difficulty moving their fingers when doing activities such as sticking, cutting, drawing, drawing lines, or folding following patterns. There are still some things that are not neat, still out of line, and there are children who are not concentrating because they are too busy talking to friends so that many are not careful and not focused. The purpose of this study was to determine the effect of papercraft activities on the development of fine motor skills of early childhood in group B3 at Sungai Rengas State Kindergarten, Batang Hari Regency. This type of research is quantitative with an experimental method. The design used in this study is Quasi Experimental Design with the form of Pretest Posttest Control Group Design. The population in this study was 68 children and the sample in this study was 36 children. The sampling technique used in this study was Purposive Sampling. The instrument used was an observation sheet. The data analysis technique used in this study was the normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results of the study prove that t count> t table, namely 41.105> 2.101 at a significant level of α = 0.05, this means that there is a significant influence of papercraft activities on the development of fine motor skills of early childhood in group B3 at Sungai Rengas State Kindergarten, Batang Hari Regency. Thus, it can be concluded that papercraft activities can be used in early childhood learning at school to improve children's fine motor development.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Papercraft Activities, Fine Motor Development |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | RABBANI |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:37 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |