Implementasi Integrasi Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni di Taman Kanak-kanak: Studi Kasus Pada Guru Sekolah Penggerak Kota Jambi

Mastikawati, Mastikawati (2025) Implementasi Integrasi Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni di Taman Kanak-kanak: Studi Kasus Pada Guru Sekolah Penggerak Kota Jambi. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Kover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan-Mastikawati.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Full Disertasi Mastikawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan integrasi Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni (LIMASTERS), menganalisis kesesuaian penerapan dengan aturan Program Sekolah Penggerak, dan menemukan Langkah-langkah integrasi yang efektif. Metode penelitian kualitatif studi kasus deskriptif menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru, dengan teknik pengambilan sampel snowball. Data dianalisis secara kualitatif dengan triangulasi untuk memperoleh makna yang mendalam. Penelitian ini menunjukkan implementasi LIMASTERS di lima satuan PAUD bervariasi. Literasi, matematika, dan seni telah terintegrasi baik, sementara sains, teknologi, dan rekayasa masih terbatas. Satu satuan menyusun modul dengan tepat, dan tiga satuan melaksanakan kegiatan sesuai langkah. Kendala utama meliputi sarana, waktu, dan SDM, diatasi melalui kolaborasi dan pendekatan bertahap. Keterbaruan penelitian ini terletak pada integrasi holistik LIMASTERS dalam satu aktivitas eksploratif berbasis anak, yang menekankan eksperimen interaktif, scaffolding bertahap, dan pendekatan kontekstual. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa implementasi LIMASTERS di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi belum optimal dan memerlukan perbaikan secara berkesinambungan.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: LIMASTERS, Program Sekolah Penggerak, Taman Kanak-Kanak, Integrasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Mastikawati
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:37
Last Modified: 12 Jun 2025 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79479

Actions (login required)

View Item View Item