IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL (KELINTANG JOLO) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Tarigan, Susantri Br (2025) IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL (KELINTANG JOLO) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.......pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA......pdf

Download (264kB)
[img] Text
SKRIPSI (1-5) (1) fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Kelintang Jolo, motivasi belajar, PBL, STEM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan local (Kelintang Jolo) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Kota Jambi pada Maret 2025. Data penelitian dipperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (sebagai data utama). Setelah angket dikembalikan data dianalisis secara kuantitatif rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal (kelintang jolo) terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi di SMAN 6 Kota Jambi. Kesimpulan ini didasarkan pada beberapa temuan penting seperti Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test pada kelas eksperimen menunjukkan perbedaan signifikan antara skor motivasi belajar awal dan akhir dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Berdasarkan hasil analisis data yang disajikan dalam tabel Independent Samples Test, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal Kelintang Jolo dengan kelas kontrol yang diberikan perlakuan PBL konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji Levene sebesar 0,087 (p > 0,05). Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih menerapkan perangkat pembelajaran dengan model PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan local, karenaguru sebagai sarana dalam penggunaan perangkat pembelajaran yang dilakukan pada proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kelintang Jolo, motivasi belajar, PBL, STEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Susantri br Tarigan
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:10
Last Modified: 11 Jun 2025 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79501

Actions (login required)

View Item View Item