Yulita, Heni (2025) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA FASE C SDN 1 SINDANG MARGA KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Tesis Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Pengesahan_Heni.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (431kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulita, Heni. 2025. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Fase C SDN 1 Sindang Marga Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Program Sutudi Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd. (II) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO. Tujuan pembelajaran adalah tercapainya target penguasaan materi yang disampaikan guru kepada siswa dan indikator pencapaian target tersebut adalah hasil belajar siswa akan baik dan meningkat apabila didalam proses pembelajaran terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa. Interaksi tersebut akan timbul apabila ada respon baik yang timbul dari siswa. Belajar yang baik harus timbul dari keinginan siswa sendiri. Hal ini akan terjadi apabila siswa merasa senang terhadap pelajaran yang disampaikan. Dari hasil observasi di SDN 1 Sindang Marga, umpan balik dari siswa pada proses pembelajaran belum optimal dan masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut maka diajukan upaya perbaikan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika fase C SDN 1 Sindang Marga Kecamatan Bayung Lencir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika fase C SDN 1 Sindang Marga Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus peningkatan hasil belajar, interprestasi skala aktivitas belajar dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Fase C SDN 1 Sindang Marga terhadap mata pelajaran matematika pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 71,43% pada siklus II mencapai 95,24%. Dilihat dari skor N-Gain pada siklus I sebesar 0,13% dan siklus II 0,32%, hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 0,19% dengan kategori N-Gain score sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Kata kunci: Hasil belajar, Aktivitas, STAD, Matematika.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Aktivitas, STAD, Matematika. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Heni Yulita |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:30 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |