Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkakan Hasil Belajar Siswa Fase B Mata Pelajaran IPAS Dengan Bantuan Media Wordwall Di SD Negeri 1 Bayung Lencir

Ariyani, Ariyani (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkakan Hasil Belajar Siswa Fase B Mata Pelajaran IPAS Dengan Bantuan Media Wordwall Di SD Negeri 1 Bayung Lencir. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Tesis Full Ariyani Unja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Cover Tesis Ariyani.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Pengesahan Ariyani.pdf

Download (399kB)
[img] Text
TESIS BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
TESIS BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
TESIS DAFPUS.pdf

Download (154kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ariyani, 2025. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Fase B Mata Pelajaran IPAS Dengan Bantuan Media Wordwall di SD Negeri 1 Bayung Lencir. Program Sutudi Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd (II) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M. Kes AIFO Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Bayung Lencir disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Proses pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang memahami materi dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 69,28 pada siklus I menjadi 82,14 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 52,38% menjadi 90,47%. Selain itu, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan PBL dengan bantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu mengoptimalkan model ini guna menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), media Wordwall, hasil belajar, keterlibatan siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), media Wordwall, hasil belajar, keterlibatan siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)

L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Ariyani
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:30
Last Modified: 12 Jun 2025 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79750

Actions (login required)

View Item View Item