IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SDN 2 SENAWAR KABUPATEN MUSI BANYUASIN

susanti, marlina (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SDN 2 SENAWAR KABUPATEN MUSI BANYUASIN. repositoryunja.ac.id. pp. 1-200.

[img] Text
cover.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
MARLINA SUSANTI FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Marlina Susanti Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan pada SDN 2 Senawar Kabupaten Musi Banyuasin. Pembimbing 1 Dr.Atri Widowati,S.Pd.,M.Or Pembimbing 2 Dr. Dra.Destrinelli, M.Pd Kata Kunci : Sekolah Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan Program Sekolah Adiwiyata merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, dan sehat sekaligus membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Sekolah Adiwiyata dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam kurikulum pembelajaran, partisipasi aktif siswa dalam kegiatan lingkungan seperti penghijauan, pengelolaan sampah, dan lomba kebersihan, serta penyediaan fasilitas pendukung seperti taman sekolah dan tempat sampah terpilah, telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kesadaran lingkungan, tanggung jawab terhadap kebersihan, dan kebiasaan baik seperti memilah sampah dan merawat tanaman. Kesimpulannya, implementasi program Sekolah Adiwiyata efektif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Program ini dapat menjadi model pembelajaran berbasis lingkungan yang mendukung terciptanya generasi muda yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.

Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sekolah Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Marlina Susanti
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:54
Last Modified: 17 Jun 2025 04:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79835

Actions (login required)

View Item View Item