Saffitri, Aida (2025) Kajian Kualitatif Terhadap Pengembangan Prestasi Belajar Psikomotor Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Lesson Study Dengan Transcript-Based Learning Analytics (TBLA) Menggunakan Nvivo Pada Mata Kuliah Perubahan Iklim. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AIDA SAFFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan prestasi belajar psikomotor mahasiswa Pendidikan Fisika melalui penerapan Lesson Study berbasis Transcript-Based Learning Analytics (TBLA) dengan bantuan perangkat lunak NVivo. Penelitian dilakukan pada mata kuliah Perubahan Iklim dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021 yang terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek dan kerja kelompok. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara, yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, pengkodean transkrip, serta pengelompokan berdasarkan taksonomi Bloom ranah psikomotor: menirukan (P1), memanipulasi (P2), pengalamiahan (P3), dan artikulasi (P4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator manipulasi (P2) merupakan ranah yang paling dominan, diikuti oleh menirukan (P1), artikulasi (P4), dan pengalamiahan (P3). Temuan ini menegaskan bahwa penerapan Lesson Study dengan pendekatan TBLA secara efektif dapat mendorong pengembangan kemampuan psikomotor mahasiswa, khususnya dalam konteks pembelajaran berbasis aktivitas dan kolaboratif. Penggunaan NVivo juga terbukti membantu dalam menganalisis interaksi pembelajaran secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode TBLA dan NVivo dalam praktik pembelajaran untuk meningkatkan mutu keterampilan psikomotor mahasiswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Lesson study, Transcript-Based Learning Analytics, Nvivo, prestasi belajar psikomotor, taksonomi bloom, perubahan iklim |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SAFFITRI |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:44 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |