MUTIARA, FADHILLA DINDA (2025) TINGKAT KEPUASAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL ( BPJS ) KESEHATAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahann.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (784kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
Skripsi fadhilladinda_h1a120082_FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah adalah salah satu lembaga sosial yang dibentuk untuk menyelenggarakan program-program seperti jaminan sosial yang ada di Indonesia. Menurut UU No. 24 Tahun 2011 BPJS akan mengganti sejumlah lembaga-lembaga jaminan sosial yang ada, seperti lembaga asuransi kesehatan PT Askes Indonesia akan diganti menjadi BPJS Kesehatan. BPJS adalah badan hukum publik milik negara yang non-profit dan bertanggung jawab kepada Presiden. Tujuan penelitian ini adalah untuk seberapa besar tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan di RSUD H. Abdul Manap Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif murni. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien peserta BPJS Kesehatan yang menggunakan Fasilitas Kesehatan dari RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi dengan jumlah pasien perhari sekitar 100 orang. Dihitung menggunakan rumus slovin dengan margin of eror 10% didapat sampel sebanyak 50 orang. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara signifikan kualitas pelayanan berpengaruh pada tingkat kepuasan pasien khususnya peserta BPJS Kesehatan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Indikator kualitas pelayanan memiliki peran yang signifikan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan terdapat bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Dengan diketahui bahwa tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi sebesar 69,8% dan 30,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dicantumkan pada penelitian ini. RSUD H. Abdul Manap diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan guna meningkatkan kualitas pada pelayanannya dengan melakukan evaluasi rutin terhadap pelaksanaan pelayanan terhadap pasien khususnya peserta BPJS Kesehatan. Peningkatan pelayanan perlu dilakukan agar dapat menciptakan pelayanan yang jauh lebih baik lagi bagi peserta BPJS Kesehatan untuk dimasa yang akan datang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BPJS Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelayanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | FADHILLA DINDA MUTIARA |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:19 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |