Ananda, Dian Ovi and Destrinelli, Destrinelli and Hayati, Suci (2025) Pengembangan Materi Ajar Penjumlahan Pada Pembelajaran Matematika Fase A Menggunakan Permainan Congklak. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK Dian Ovi Ananda.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
COVERR.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI DIAN OVI ANANDA_.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Dian Ovi Ananda.pdf Download (130kB) |
Abstract
ABSTRAK Ananada, Dian Ovi Ananda. 2025. Pengembangan Materi Ajar Penjumlahan Pada Pembelajaran Matematika Fase A Menggunakan Permainan Congklak. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Kegurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (2) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Materi Ajar, Permainan Congklak Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan Materi Ajar Penjumlahan Pada Pembelajaran Matematika Fase A Menggunakan Permainan Congklak serta mengetahui kelayakan dari Pengembangan Materi Ajar Penjumlahan Pada Pembelajaran Matematika Fase A Menggunakan Permainan Congklak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Model pengembangan yang dipakai pada penelitian yang dilaksanakan ini adalah model pengembangan DDDD (4D) (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di di SDN 14/I Sungai Baung Kabupaten Batang hari dengan subjek penelitian guru dan juga peserta didik. Data penelitian didapatkan melalui validasi media, validasi materi, serta validasi Bahasa. Selain itu, data juga didapatkan dari hasil angket respon guru dan juga peserta didik untuk melihat keterbacaannya pada saat melaksanakan uji coba kelompok kecil dan kepraktisannya pada saat melaksanakan uji coba kelompok besar. Data dianalisis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya uji validasi dari ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 5 dengan kategori produk sangat valid, penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,4 dengan kategori sangat valid, dan untuk validasi Bahasa mendapatkan skor rata-rata 3,9 dengan kategori valid. Penilaian dari respon guru mendapatkan nilai 5 dengan rata-rata dengan kategori sangat praktis, dan penilaian respon peserta didik pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor nilai rata-rata 4,93 dengan kategori sangat praktis. Merujuk pada hasil penelitian maka dapat disintesiskan bahwasannya pengembangan Materi Ajar Penjumlahan Pada Pembelajaran Matematika Fase A Menggunakan Permainan Congklak secara keselurhan bisa dipergunakan pada saat peroses pelaksanaan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya Materi Ajar Penjumlahan Pada Pembelajaran Matematika Fase A Menggunakan Permainan Congklak secara keseluruhan bisa dipakai pada saat melakukan pelaksanaan belajar. ABSTRACT Ananada, Dian Ovi Ananda. 2025. Development of Addition Teaching Materials in Phase A Mathematics Learning Using Congklak Games. Thesis. Elementary School Teacher Education, Department of Early Childhood Education and Basic, Faculty of Education in Education, Jambi University, Supervisor: (1) Dr. Dra. Destinelli, M.Pd., (2) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Keywords: Teaching Material, Games Congklak The research carried out aims to develop additional teaching materials in Phase A mathematics learning using congklak games and knowing the feasibility of the development of addition teaching materials in Phase A mathematics learning using congklak games. This research is a type of research and development research which is a study using a qualitative and quantitative approach (mix method). The development model used in the research conducted is the DDDD (4D) development model (Define, Design, Development, Disseminate). This research was conducted at SDN 14/I Sungai Baung Batang Hari Regency with teacher research subjects and students. Research data obtained through media validation, material validation, and language validation. In addition, the data was also obtained from the results of the teacher's response questionnaire and also students to see their readability when carrying out small group trials and practicality when carrying out large group trials. Data were analyzed using qualitative and quantitative data. The results of this study show that the validation test of media experts received an average score of 5 with a very valid product category, the assessment of the material expert got an average score of 4.4 with a very valid category, and for language validation received an average score of 3.9 with a valid category. The assessment of the teacher's response gets a value of 5 with an average category with a very practical category, and the assessment of students' responses in large group trials gets an average score of 4.93 with a very practical category. Referring to the results of the study, it can be synthesized that the development of the addition material in the learning of Mathematics Phase A using the game Congklak can be completely used when the process of learning in schools. Based on the results of the study it can be concluded that the addition material in the learning of Mathematics Phase A using the Game Congklak as a whole can be used when conducting learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keywords : Teaching Material, Games Congklak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DIAN OVI ANANDA |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |