Siregar, Astri Juwita (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS EDUCATIONAL ROBOTIC DENGAN MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI ASTRI JUWITA SIREGAR (A1C321053).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (974kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi berbasis Educational Robotic dengan model pembelajaran inkuiri terstruktur guna meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate), yang dibatasi hingga tahap Develop. Produk yang dihasilkan berupa modul cetak dan elektronik yang dilengkapi dengan barcode video tutorial dan integrasi pemrograman robot menggunakan platform mBlock. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 90,35% (kategori Sangat Valid), sedangkan validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 87,05% (kategori Sangat Valid). Persepsi dari guru terhadap modul efektif dalam mendukung proses belajar mengajar, sementara persepsi siswa menunjukkan skor rata-rata 79,33% (kategori Sangat Baik). Modul ini juga menunjukkan potensi peningkatan pemahaman konsep usaha dan energi berdasarkan hasil evaluasi pemahaman konsep dengan nilai gain sebesar 1,21 yang termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu memfasilitasi peningkatan pemahaman konsep secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Educational Robotic sebagai media inovatif dalam pembelajaran fisika di tingkat SMP.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educational Robotic, Inkuiri Terstruktur, Usaha dan Energi, Kurikulum Merdeka, Modul Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Astri Juwita Siregar |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:55 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |