Sidik, Muhammad (2025) Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Presentasi Berbasis Quizizz Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman belajar siswa kelas IV SDN 55/I Sridadi pada pembelajaran IPAS. Hal ini didukung dari hasil observasi yang telah dilakukan. Penyebab dari rendahnya pemahaman belajar siswa pada pembelajaran ipas kerena media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media presentasi berbasis Quizizz dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi IPAS Kelas IV SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi. Subjek penelitian peserta didik kelas IV dari SDN 55/I Sridadi yang berjumlah 23 orang 12 laki laki dan 11 perempuan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksaaan, observasi dan refleksi. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan media presentasi berbasis Quizizz mampu meningkatkan tingkat pemahaman belajar siswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Pada siklus I, persentase keberhasilan tindakan pada pertemuan pertama adalah 45,10%, yang meningkat menjadi 57,33% pada pertemuan kedua. Sementara pada siklus II, persentase keberhasilan pada pertemuan pertama mencapai 72,28%, dan meningkat menjadi 83,42% pada pertemuan kedua. This research is motivated by the low level of students' learning comprehension in grade IV of SDN 55/I Sridadi in science learning. This is supported by the results of observations that have been made. The cause of the low level of students' learning comprehension in science learning is due to the learning media that is not interesting. This study aims to describe the use of presentation media based on Quizizz in improving students' learning comprehension in science material in grade IV of SDN 55/I Sridadi. This research was conducted at SDN 55/I Sridadi. The subjects of the study were 23 students in grade IV of SDN 55/I Sridadi, 12 males and 11 females. This study used a classroom action research methodology that was carried out in two cycles, each cycle consisting of two meetings with the following stages: planning, implementation, observation and reflection. The research data were analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed that the application of presentation media based on Quizizz was able to improve students' learning comprehension levels according to the established criteria. In cycle I, the percentage of successful actions in the first meeting was 45.10%, which increased to 57.33% in the second meeting. While in cycle II, the percentage of success in the first meeting reached 72.28%, and increased to 83.42% in the second meeting.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quizizz, Media Presentasi, Pemahaman Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Siddiq |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |