Hikmah, Darul (2025) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Networked Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kreatif Siswa SMAN 8 Batang Hari. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
tesis darul.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
![]() |
Text
TESIS FINAL DARUL asli cover1.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
ilovepdf_merged (10).pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR pUSTAKA.pdf Download (431kB) |
Abstract
Hikmah, D. 2025. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Networked Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kreatif Siswa SMAN 8 Batang Hari. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd. II. Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis networked terhadap peningkatan proses berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dari SMA Negeri 8 Batang Hari dengan total 64 siswa. Instrumen penelitian berupa tes (pretest dan posttest), angket respon, dan lembar observasi digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t independen dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen (92,19) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (57,81) serta terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa, yang dibuktikan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,8278 (kategori tinggi) dibandingkan dengan 0,1581 (kategori rendah) pada kelas kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL berbasis networked dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, sehingga dapat dijadikan acuan untuk pengembangan metode pembelajaran inovatif di sekolah. Implikasi praktis penelitian ini adalah pentingnya penyediaan fasilitas pendukung dan pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam rangka memfasilitasi pengembangan kreativitas siswa. Kata Kunci: PjBL, keterpaduan networked, berpikir kreatif, bioteknologi
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Darul Hikmah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:22 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |