Saputri, Ditami (2025) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 63/X NIBUNG PUTIH. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
Abstract
Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV B SDN 63/X Nibung Putih Ditami Ayu Saputri NIM. P2A623042 Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Model Team Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 63/X Nibung Putih semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 23 siswa. Pada pelaksanaan proses pembelajaran digunakan langkah langkah model Team Games Tournament (TGT) yaitu, pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ( PTK ) menurut Arikunto (2008:74) terdapat empat tahapan yang lazim dilalui yaitu pertama perencanaan, kedua pelaksanaan, ketiga pengamatan dan keempat refleksi. Pada saat observasi terhadap pembelajaran IPAS belum menggunkan model yang tepat untuk siswa. Dari data atau nilai pra siklus yang didapat 35% atau 9 siswa sudah mencapai KKM. 65 % atau 14 siswa masih belum mencapai KKM. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dimana setiap siklus 2 kali pertemuan. Setelah diadakan tindakan siklus I hasil belajar siswa meningkat 52 % yang mengalami peningkatan berjumlah 12 siswa dan 48 % atau 11 siswa belum mencapai KKM. Pada tindakan siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 87 % atau 20 siswa yang mencapai KKM dan 13 % atau 3 siswa yang belum mencapai KKM. Kata kunci : Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS, Model Team Games Tournament (TGT)
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS, Model Team Games Tournament (TGT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DITAMI AYU SAPUTRI |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:36 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |