ANDARY, LISA (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS BERBASIS ELEKTRONIK PAGEFLIP PADA MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS LISA ANDARY.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (482kB) |
Abstract
ABSTRAK Andary, Lisa. 2025. Pengembangan Bahan Ajar IPAS Berbasis Elektronik Pageflip pada Materi Sistem Organ Tubuh Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd Kata Kunci: Bahan Ajar Elektronik, Pageflip, IPAS, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar IPAS berbasis elektronik pageflip pada materi sistem organ tubuh manusia kelas V SD; (2) Mengetahui tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan; dan (3) Mengetahui kepraktisan bahan ajar dari sisi pengguna. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 043/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek uji coba terdiri dari sembilan siswa untuk kelompok kecil dan dua puluh siswa untuk kelompok besar. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki tingkat validitas sangat tinggi, dengan skor dari ahli media sebesar 3,84, ahli materi 3,80, dan ahli bahasa 3,81. Respon guru sebagai praktisi memperoleh skor 3,67. Uji keterbacaan memperoleh skor 3,55, respon siswa 3,46, dan minat siswa terhadap bahan ajar 3,35 seluruhnya dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar IPAS berbasis elektronik menggunakan aplikasi Pagflip tergolong sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar ini dinilai mampu meningkatkan pemahaman materi serta motivasi belajar siswa, dan layak untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. ABSTRACT Andary, Lisa. 2025. Development of Electronic Pageflip-Based IPAS Teaching Materials on the Human Organ System Topic for Grade V Elementary School Students. Advisors: (I) Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd Keywords: Electronic Teaching Materials, Page Flip, IPAS, Elementary School This study aims to: (1) Describe the development process of electronic paga flip-based IPAS teaching materials on the human organ system topic for Grade V students; (2) Determine the validity of the developed teaching materials; and (3) Assess the practicality of the teaching materials from the users' perspective. The research employed the ADDIE development model, consisting of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The study was conducted at SD Negeri 043/IV Kota Jambi during the second semester of the 2024/2025 academic year. The trial subjects consisted of nine students in a small group and twenty students in a large group trial. The validation results indicated a very high level of validity, with scores from media experts (3.84), content experts (3.80), and language experts (3.81). Practitioner (teacher) response scored 3.67. The readability test scored 3.55, student responses 3.46, and student interest 3.35 — all categorized as very good. The conclusion of this study is that the electronic IPAS teaching materials using the Pageflip application are highly valid and practical for use in the classroom. These materials effectively support students’ understanding and motivation in learning, and are suitable for wider implementation in IPAS instruction at the elementary level.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Elektronik, Pageflip, IPAS, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Lisa Andary |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |