ANALISIS PANDANGAN DAN PENGALAMAN MAHASISWA FKIP PASCA MAGANG DALAM PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI SEKOLAH

Faros, Roshoof (2025) ANALISIS PANDANGAN DAN PENGALAMAN MAHASISWA FKIP PASCA MAGANG DALAM PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak .pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab 1 .pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 4 .pdf

Download (349kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (127kB)
[img] Text
Pengesahan M.Roshoof S. Faros Kaab.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kompetensi sosial oleh mahasiswa FKIP pasca magang di sekolah dan dampaknya terhadap keberhasilan pembelajaran. Kompetensi sosial, yang mencakup kemampuan komunikasi, kerja sama, bergaul simpatik, dan berjiwa menyenangkan, sangat penting untuk menciptakan hubungan yang efektif antara guru, siswa, dan masyarakat sekitar, serta mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan wawancara dengan mahasiswa FKIP yang telah selesai melaksanakan program magang sekolah sebagai data utama dan observasi untuk menemukan informasi yang berguna untuk penelitian. Kemudian di reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan data yang disajikan berbentuk penjabaran berupa kata kata Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi yang baik dapat meningkatkan hubungan guru-siswa, sementara kolaborasi yang efektif antar guru dan staf pendidikan dapat menciptakan lingkungan yang produktif. Kemampuan bergaul simpatik dan berjiwa menyenangkan juga terbukti mendukung terciptanya suasana kelas yang harmonis dan memotivasi siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar calon guru mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik, memperkuat kolaborasi antar guru, serta meningkatkan keterampilan bergaul simpatik dan mempertahankan sikap ramah, antusias, dan optimis untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Sosial; Kompetensi Sosial; Mahasiswa; Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: KAAB
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:24
Last Modified: 07 Jul 2025 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80682

Actions (login required)

View Item View Item