MAYORI, REZI PUTRI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI GENIALLY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB 1 .pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
FINAL FULL Skripsi Rezi Putri Mayori_A1C121070_Pendidikan Kimia_FKIP_UNIVERSITAS JAMBI_2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Media pembelajaran game edukasi merupakan salah satu bentuk inovasi dalam dunia pendidikan yang memadukan elemen hiburan dan edukatif untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Platform Genially menyediakan berbagai fitur interaktif seperti animasi, audio, video, dan kuis yang memungkinkan guru menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa masa kini. Game edukasi dapat meningkatkan motivasi, minat belajar, serta membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam melalui pengalaman belajar berbasis visual dan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan platform Genially dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi asam tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi kimia, serta menyediakan media alternatif yang mendukung pembelajaran aktif dan mandiri sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap pengembangan, media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian diuji coba kepada guru serta siswa melalui uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil untuk menilai kelayakan dan efektivitas media.Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 4,5 dari guru dengan kategori "sangat layak". Validasi oleh ahli media juga menunjukkan nilai rata-rata 4,55 (kategori “sangat layak”. Selain itu, pada uji coba satu-satu terhadap tiga siswa diperoleh skor total 250 dengan persentase 92% kategori “sangat layak”, dan uji coba kelompok kecil terhadap 10 siswa menghasilkan skor total 800 dengan persentase 88% kategori “sangat layak”. Data ini menunjukkan bahwa media game edukasi Genially berbasis PBL sangat efektif, menarik, dan dapat diterima oleh siswa dan guru. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game eduka si genially berbasis Problem Based Learning pada materi asam basa terbukti layak digunakan dan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Media ini mampu meningkatkan minat, motivasi, serta pemahaman siswa, dan dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran kimia di era digital.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game Edukasi, Genially, Problem Based Learning, Kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | REZI PUTRI MAYORI |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:52 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |