Penerapan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Materi Sejarah Di Bawah Tirani Jepang Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI Fase 2 SMA Negeri 4 Merangin

Aldian Roni, Muhamad (2025) Penerapan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Materi Sejarah Di Bawah Tirani Jepang Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI Fase 2 SMA Negeri 4 Merangin. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
SKRIPSI ALDIAN RONI (A1A221064) FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (234kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis materi sejarah di bawah tirani Jepang pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Merangin. Kreativitas belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran scrapbook. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah meningkatkan kreativitas belajar sejarah siswa dengan menggunakan media pembelajaran scrapbook berbasis materi di bawah tirani Jepang di kelas XI Fase 2 SMA Negeri 4 Merangin?” Metode dan teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase 2 SMA Negeri 4 Merangin yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan kreativitas belajar yang berhasil dicapai oleh siswa setelah dilaksanakan pembelajaran selama dua siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi, wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data kuantitatif maupun kualitatif. Tingkat analisis pada data kuantitatif yaitu dengan menghitung rata-rata persentase tingkat kreativitas siswa. Sedangkan teknik analisis data pada data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas XI Fase 2 SMA Negeri 4 Merangin saat belajar menggunakan media pembelajaran scrapbook. Diketahui dari nilai angket yang telah diisi oleh 32 siswa pada pratindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 44% dengan 2 orang masuk kategori kreatif. Pada siklus I tindakan 1 memiliki nilai rata-rata kreativitas belajar sebesar 54% dengan 4 orang yang masuk kategori kreatif, sedangkan tindakan 2 memiliki nilai rata-rata sebesar 61% dengan 12 orang masuk kategori kreatif. Pada siklus II tindakan 3 nilai rata-rata kreativitas belajar siswa meningkat sebesar 66% dengan 20 orang yang masuk kategori kreatif, sedangkan tindakan 4 memiliki nilai rata-rata sebesar 78% dengan 14 orang kategori sangat kreatif dan 18 orang masuk kategori kreatif. Hasil tersebut melebihi kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis materi sejarah di bawah tirani jepang dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI Fase 2 SMA Negeri 4 Merangin.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Scrapbook, Sejarah Di Bawah Tirani Jepang, Kreativitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: MUHAMAD ALDIAN RONI
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:58
Last Modified: 01 Jul 2025 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80756

Actions (login required)

View Item View Item